Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Kemangi menjadi salah satu tanaman yang cocok untuk ditumbuhkan di berbagai kontur tanah di Indonesia. Cuaca apapun tidak memunculkan permasalahan yang berarti pada pertumbuhan daun yang tak asing bagi masyarakat Indonesia ini. Kita seringkali menjumpai daun kemangi ketika makan makanan yang disertai lalapan. Daun ini seringkali disajikan bersama mentimun dan kol. Daun yang memiliki bau khas ini tak hanya bermanfaat sebagai pelengkap saat makan pecel lele atau berbagai macam penyetan. Daun kemangi ternyata memiliki berbagai kegunaan yang terkadang tidak kita ketahui. Apa saja manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh kita? Di bawah ini akan dipaparkan berbagai manfaat daun yang memilik aroma khas ini.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat daun kemangi yang perlu kita ketahui untuk kesehatan tubuh kita. Kemangi adalah daun yang mengandung senyawa bermanfaat. Senyawa tersebut bernama arginin yang beguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Arginin juga bermanfaat untuk memperpanjang masa hidup sperma sehingga mampu mencegah terjadinya kemandulan pada pria. Tak hanya itu, zat aktif dalam kemangi juga memiliki fungsi dalam merangsang produksi hormone androgen dan esterogen. Ada pula kandungan vicenin dan orientin dalam kemangi yang bisa memberikan perlindungan bagi sel-sel tubuh. Kemangi juga ternyata memiliki senyawa anti peradangan dan antibiotik alami, yakni cineole, eugenol, dan myrcene. Kemudian, beta karoten dan magnesium di dalamnya bermanfaat juga dalam memelihara kesehatan jantung. Masih banyak lagi zat-zat bermanfaat yang ada dalam kemangi. Protein, fosfor, belerang, dan zat besi ternyata juga terkandung dalam daun berbau khas ini.

Setelah mengetahui berbagai kandungan zat dan senyawa dalam daun kemangi, ada baiknya kita mengenali pula beberapa manfaat daun kemangi yang bisa kita rasakan secara langsung. Dalam mengobati berbagai penyakit, kita bisa memilih daun ini dan merasakan khasiat dari penggunaannya. Daun kemangi yang memiliki banyak manfaat ini bisa Anda gunakan sebagai obat panu, bahkan pada tingkatan yang sudah membandel. Dalam menggunakannya, Anda bisa menghaluskan segenggam daun kemangi disertai kapur sirih secukupnya lalu menggosokkan ramuan tersebut pada bagian kulit yang terkena panu.Lakukan hal ini dua kali dalam sehari. Kegunaan lain kemangi adalah menyembuhkan sariawan. Cara memanfaatkannya sangat mudah, yaitu dengan mengunyahnya selama 3 menit, tapi jangan lupa mencucinya terlebih dahulu, ya! Setelah itu, minumlah air hangat.Sementara itu, kemangi juga bisa digunakan untuk menyembuhkan diare dengan dikonsumsi secara teratur.

Daun kemangi juga ternyata bermanfaat untuk mengurangi bau keringat. Khasiatnya dapat dirasakan dengan mengonsumsinya secara rutin. Bagi Anda yang sedang tersiksa dengan batuk, tak ada salahnya pula mencoba mengobatinya dengan kemangi. Anda bisa mengolah daun ini menjadi teh. Seduh saja daunnya dengan air panas dan tambahkan sedikit gula, lalu diminum airnya. Teh ini juga cocok untuk diminum saat pergantian musim agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit seperti pilek, deman, atau batuk. Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan daun kemangi dan mengambil minyak atsirinya. Biasanya, minyak ini digunakan untuk membuat parfum, obat-obatan, permen pelega tenggorokan, minyak gosok, aromaterapi, atau body lotion. Begitu banyak manfaat daun kemangi yang kadang tidak kita sadari. Ternyata daun yang keberadaannya seringkali disepelekan karena disajikan sebagai lalap memiliki beraneka ragam manfaat untuk kehidupan. Kita tentunya bisa memanfaatkan daun ini untuk berbagai menunjang kebutuhan jasmani kita sehari-harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *