Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun Sirih merupakan salah satu jenis daun yang cukup mudah ditemui di sekitar lingkungan kita, Indonesia memang menawarkan beragam kekayaan alam yang sayangnya hingga saat ini belum sepenuhnya bisa dimaksimalkan, daun sirih adalah contohnya. Hingga saat ini manfaat daun hanya bisa dimanfaatkan dalam skala kecil karena belum diproduksi dengan masal dalam jumlah yang besar, ketenaran daun sirih dan manfaat nya saat ini masih terdengar di sekitar keluarga karena belum ada perusahaan farmasi besar yang memanfaatkan daun sirih maupun ekstraknya sebagai bahan dasar untuk obat-obat mereka.

manfaat daun sirih untuk kesehatan

Berikut beberpa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang bisa anda manfaatkan untuk keluarga anda di rumah:

  1. Obat Batuk – Untuk mengatasi batuk, anda bisa merebus 15 lembar daun sirih yang telah dicuci dengan bersih, kemudian tunggu hingga air yang tersisa di dalam panci tinggal tiga perempat bagian. Anda bisa mengkonsumsi nya dengan mencampurkan madu.
  2. Obat Bronkitis – Rebus 7 lembar daun sirih yang telah dibersihkan bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih, tunggu hingga air di dalam panci tersisa satu gelas saja. Minum satu gelas air tersebut bertahap tiga kali dalam sehari.
  3. Menghilangkan Bau Badan – Bagi anda yang memiliki masalah bau badan anda bisa memanfaatkan daun sirih, dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan dua gelas air tunggu hingga tersisa satu gelas air dan anda bisa memanfaatkannya dengan meminun ramuan ini di siang hari.
  4. Mata Gatal dan Merah – Manfaatdaun sirih untuk kesehatan mata sudah dikenal sejak jaman dahulu, cara nya cukup mudah hanya dengan memanfaatkan air hasil rebusan daun sirih untuk membersihkan mata dengan gelas cuci mata khusus tentunya.
  5. Menghilangkan Bau Mulut – Untuk menghilangkan bau mulut, anda bisa menggunaka 1-2 lembar daun sirih yang telah dibersihkan, kemudian kunyah hingga tersisa ampasnya kemudian buang ampas yang tidak terpakai tersebut.
  6. Menghentikan Gusi Berdarah – Untuk mengeluarkan khasiatnya agar gusi berderah anda segera senbuh, anda bisa merebus 4 lembar daun sirih dalam dua gelas ari mendidih tunggu hingga air tersisa 1 gelas saja kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur.

Tidak hanya untuk luka dalam karena manfaat daun sirih untuk kesehatan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka luar yang kasat mata, seperti:

  1. Koreng dan Gatal-Gatal – Untuk menyembuhkan Korang dan Gatal-Gatal, anda bisa merebus 20 lembar daun sirih lalu mengoleskan air hasil rebusan tersebut ke daerah sekitar koreng tersebut secara teratur.
  2. Jerawat – Munculnya Jerawat di sekitar muka banyak menjadi penyebab rasa percaya diri seseorang menjadi hilang, anda tak perlu khawatir karena untuk menghilangkan nya anda cukup menumbuk 7-10 lembar daun sirih kemudian rebus dalam 2 gelas air lalu gunakan air tersebut untuk membasuh muka 2-3 kali dalam sehari.
  3. Mengurangi ASI Berlebih – Bagi anda yang ingin mengurangi ASI yang berlebih, anda bisa memanfaatkan daun sirih dengan cara mencucinya hingga bersih kemudian olesi daun tersenut dengan minyak kelapa dan hangatkan di atas api hingga layu kemudian tempelkan di area sekitar payudara yang bengkak.

Khasiat Daun Sirih bisa bekerja dengan maksimal apabila dilakukan secara rutin dengan aturan dan proses yang benar pula, maka jangan lupa menanam tanaman ini di pekarangan anda agar mudah bagi anda apabila sewaktu-waktu membutuhkan nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *