Manfaat kol Untuk Kesehatan

Jika Anda penggemar masakan Indonesia, sudah tentu Anda mengenal yang namanya sayur kol. Ya, karena sayur kol memang banyak digunakan untuk masakan Indonesia. Kubis atau kol ini juga merupakan bahan pangan yang murah serta sudah banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Bahkan sayuran Chinese food yang banyak dijual juga menggunakan bahan kol ini, sementara sayuran asli Indonesia yang paling sering menggunakan sayur kol yaitu sayur sop ayam.

Manfaat kol bagi Kesehatan

Sebagian orang mungkin juga tak mengerti jika ternyata sayuran yang sering mereka konsumsi dan berharga murah ini asalnya bukan asli Indonesia, melainkan asli benua Eropa, Eropa Selatan dan Eropa Barat. Sayur kol sendiri memiliki nama asli yang menggunakan bahasa Belanda, Kool. Sementara itu, untuk nama kubis, asalnya menggunakan bahasa Prancis, Chou Cobus. Seiring waktu, nama sayuran ini menggunakan nama kubis atau kol, yang merupakan namanya berdasar bahasa Indonesia. Dan, di balik itu semua, ternyata sayuran yang berwarna hijau muda berbentuk bulat ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan manusia, bahkan melebihi jenis sayuran lainnya. Nah, mari kita simak lebih mendalam tentang manfaat dari sayur kol ini untuk kesehatan, selamat membaca.

Manfaat sayur kol untuk kesehatan

Sayur kol atau kubis memiliki kandungan vitamin yang tinggi, contohnya vitamin C, A serta vitamin K. Dan kesemua kandungan tersebut merupakan antioksidan alami, yang bisa membantu pencegahan penyakit kanker dan juga penyakit jantung serta mencegah serangan radikal bebas pada tubuh manusia. Sayur kol juga adalah sumber serat makanan yang baik, mensuplai sekitar 15% asupan makanan harian yang memang direkomendasikan. Anda tentu mengerti bahwa serat sangat baik untuk membantu proses pencernaan tubuh, jadi proses pencernaan tubuh bisa berjalan dengan maksimal.

Kandungan berikutnya dari sayur kol atau kubis yakni zat besi. Zat besi memiliki manfaat utama untuk membantu proses pengontrolan tekanan darah juga mengurangi resiko seseorang terserang batu ginjal. Selain itu, juga ada kandungan kalium, yang bisa membantu menyeimbangkan cairan pada sel-sel tubuh manusia. Kandungan zat besi adalah komponen utama dari sel darah merah, yang bisa membantu seseorang terserang anemia. Dan untuk membantu tubuh Anda dalam menyerap zat besi yang memang terkandung dalam sayur kol, Anda dapat mengkombinasikan konsumsi sayur kol tersebut bersamaan dengan buah jeruk. Fitonutrisi juga merupakan kandungan dalam sayur kol. Fitonutrisi ini mempunyai manfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat di tubuh Anda. Fitonutrisi juga dikenal dengan nama lain indole 3 carbinol.

Sistem imun dalam tubuh juga dapat ditingkatkan dengan bantuan kubis. Ini karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam sayur kol, yang bisa membantu dalam menangkal radikal bebas juga. Dan, dengan sistem antibodi tubuh yang kuat, otomatis Anda tak akan mudah terserang oleh penyakit, baik penyakit yang berat maupun yang ringan.

Manfaat terakhir dari konsumsi kubis yang akan kita bahas yakni untuk peradangan (anti inflamasi). Dengan kandungan glutamine di sayur kol, Anda akan bisa membantu pencegahan peradangan di lambung, dan juga mencegah peradangan dalam segala bentuk.

Bayangkan, ternyata dengan harga jual yang murah dan kemudahan untuk mendapatkannya. Anda bisa merasakan begitu banyak manfaat dari sebuah sayur kol. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengkonsumsinya dengan rutin setiap hari. Biasakanlah keluarga Anda untuk konsumsi sayur hijau berbentuk bulat ini, agar selalu terjaga kesehatannya dan bisa beraktivitas sepanjang hari, tak mudah sakit. Sekian artikel tentang manfaat kol bagi kesehatan, semoga berkenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *