Manfaat Kulit Buah Delima Putih

Buah delima merupakan salah satu jenis buah yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Baik digunakan sebagai konsumsi, maupun sebagai obat-obatan herbal. Manfaat kulit buah delima itu sendiri mungkin belum terlalu diketahui masyarakat umum, karena kebanyakan mengenal khasiat buah delima dari daging buahnya saja. Buah delima ini sendiri memiliki berbagai macam jenis yang beragam. Diantaranya adalah delima merah dengan bunga yang berwarna merah, delima putih dengan bunga yang berwarna putih, delima hitam yang berbunga berwarna merah, sedangkan kulit buahnya memiliki warna ungu tua, dan yang terakhir adalah delima susu wantah yang juga berbunga dengan warna merah. Semua jenis dari delima tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Namun yang paling banyak dikenal di Masyarakat Indonesia adalah jenis buah delima putih dan delima merah. Keduanya yang paling banyak dijuampai dan mudah di dapatkan di pasaran. Kedua jenis buah delima tersebut banyak digunakan untuk konsumsi seperti buah pada umumnya, tetapi banyak juga yang memanfaatkannya sebagai buah herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, tanaman delima ini sendiri juga banyak digunakan oleh masyrakat sebagai tanaman hias karena tampilannya yang apik.

Manfaat Kulit Buah Delima Putih

Disini khususnya akan dibahas secara lebih jauh mengenai manfaat kulit buah delima, yaitu delima putih. Buah delima putih sendiri memiliki banyak khasiat tidak hanya pada kulitnya saja, namun juga pada daging buahnya serta hampir semua bagian dari tanaman delima putih ini. Semua itu dikarenakan adanya berbagai macam kandungan yang berkhasiat tinggi untuk tubuh. Maka tak heran banyak orang yang menggunakan delima putih ini sebagai obat herbal. Bahkan penelitian juga sudah dilakukan untuk menguji kebenaran dari hal ini. Disini khususnya pada kulit buah delima putih, memiliki kandungan alkaloid dan flavonoid, dimana kedua zat tersebut memiliki manfaat yang baik karena zat tesebut mempunyai aktivitas anitimkroba khususnya untuk candida albicans. Buah delima putih ini mungkin lebih banyak dikenal dengan istilah promeganate. Delima putih ini banyak digunakan sebagai obat karena kemampuannya untuk mengatasi caing pita yang berada dalam perut manusia. Kandungannya ampuh untuk melepaskan ikatan ccing pita dalam perut yang mengikat pada dinding usus. Maka dari itu, mengkonsumsi kulit buah delima putih ini sangat dianjurkan. Caranya adalah dengan merebus kulit buah delima putih ini yang disertai dengan laksatif. Dengan demikian, anda akan terhindar dari penyakit cacingan. Tidak hanya itu, ternyata selain khasiat kulit buah delima putih ini juga memiliki manfaatnya masing-maisng. Diantaranya adalah kulit akar dari delima putih, biji, bahkan daunnya.

Khasiat dari kulit buah delima ini snagat bermacam-macam diantaranya, membunuh cacing pita yang terdapat di dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya yang mengandung tannin yang terbukti ampuh untuk mnegatasi cacing pita dalam tubuh, sehingga bisa dijadikan untuk obat agar terhindar dari penyakit cacingan. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi sariawan dan sakit gigi yang disebabkan karena lubang pada gigi. Ada pula khasiat lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk mnegatasi keputihan pada wanita. Ternyata kandungan antibakteri dan antifungi pada kandungan kulit buah delima putih ini juga terbukti ampuh untuk mencegah aktivitas merugikan dari candida albicans yaitu salah satu jenis jamur yang menjadi penyebab keputihan bagi sebagian besar wanita. Banyak sekali khasiat kulit buah delima putih untuk kesehatan tubuh.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *