Manfaat Kulit Jeruk yang Tersembunyi

Jeruk merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan.Banyak orang yang memfavoritkan buah yang penuh dengan kandungan vitamin C ini. Ada banyak yang didapatkan dari buah jeruk. Selain buahnya, kulit jeruk ternyata memiliki manfaat yang tidak kalah. Manfaat kulit jeruk memang jarang diketahui oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri, kebanyakan hanya memanfaatkan daging buah jeruk sebagai jus atau dimakan secara langsung.

Kulit Jeruk

Jika ditinjau lebih dalam, kulit jeruk memiliki banyak manfaat, misalnya dalam buku “The New Whole Foods Encyclopedia”, Rebecca Wood, dikatakan dalam satu butir jeruk beserta isinya mengandunglebih dari 60 flavonoids dan 170 fitonutrien yang berbeda. Kulit jeruk bahkan dapat dimanfaatkan untuk merwata kulit, agar tetap halus dan bersinar.Apa saja manfaat dari kulit jeruk? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Menghasilkan Udara Segar – Anda merasa penat di rumah? Anda ingin mencoba membuat penyegar udara sendiri? Caranya mudah, siapkan bberapa kulit jeruk yang sudah kering, kayu manis dan kapulaga. Ketiga benda itu akan menyegarkan pikiran dan udara di rumah anda. Cobalah dan nikamit sensai alaminya.
  • Enaknya Kulit Jeruk – Banyak sekali kulit jeruk yang dibuang percuma. Kebanyakan orang hanya mencari daging buahnya saja.Padahal kulit jeruk bisa dimakan. Tradisi memakan kulit jeruk berasal dari penduduk Tionghoa. Biasanya penduduk Tionghoa membuat manisan kulit jeruk sebagai cemilan menjelang imlek. Untuk mengolahnya menjadi manisan kulit jeruk, anda dapat mencari resepnya di internet atau majalah.
  • Perawatan Wajah dengan Kulit Jeruk – Manfaat kulit jeruk ini yang banyak diketahui orang.Kulit jeruk mampu mengatasi berbagai masalah yang ada di kulit wajah, seperti komedo, jerawat, meregenerasi sel-sel kulit mati, sampai dengan menutup pori-pori. Anda juga dapat memadukan kulit jeruk dengan susu untuk mendapatkan kuku yang halus. Caranya langsung digosokan ke kuku anda.
  • Merawat Rambut  – Ambil beberapa lembar kulit jeruk, campu dengan air dan biarkan semalam suntuk.Air campuran tersebut dapat anda manfaatkan sebagai sampo pengusir ketombe.
  • Mengatasi Masalah Pencernaan – Apakah anda sering merasa mual dan muntah-muntah?Jika iya, anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk emngatasi masalah tersebut.
  • Mengatasi Asma – Bagi anda yang menderita penyakit asma, anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk mengatasi asma yang anda derita.
  • Mengatasi Sakit Kepala – Aroma jeruk yang segar, ternyata dapat dijadikan sebagai aroma terapi tradisional. Manfaat yang didapatkan dari aroma terapi kulit jeruk yaitu meredakan sakit kepala serta depresi.
  • Bau Mulut? Bye bye – Jika anda mengalami bau mulut, ada cara ringkas dan cepat untuk mengatasinya. Kunyah kulit jeruk secara langsung, seperti halnya anda mengunyah permen karet.
  • Menurunkan Berat Badan yang Berlebih – Kulit jeruk juga kaya akan serat. Anda bisa menggunakannya untuk meengendalikan berat badan, cukup padukan kulit jeruk dengan bumbu masakan atau dengan teh.
  • Mengatasi Mabuk – Caranya cukup sederhana, campurkan kulit jeruk dan garam lalu rebus selama 20 menit.Minum air rebusan kulit jeruk ketika anda merasa mabuk.

Masih banyak manfaat kulit jeruk yang lainnya. Namun yang pasti, manfaatkan berbagai hal yang ada di sekitar kita semaksimal mungkin, seperti kulit jeruk ini.Karena dari kulit jeruk yang dianggap banyak orang sudah tidak bermanfaat lagi, tersimpan banyak sekali manfaat yang tersembunyi dari kulit jeruk. Maka, jangan ragu menyajikan jeruk di rumah sebagai pencuci mulut, buahnya segar dan kulitnya pun bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *