Manfaat Mematikan Lampu Sebelum Tidur

Tidur merupakan kebutuhan dasar fisik manusia, saat tidur metabolisme tubuh pun bisa istirahat dan melakukan tugasnya untuk membuang kotoran – kotoran di dalam tubuh setelah capek seharian beraktivitas.

Dan pertanyaannya adalah Pentingkah Mematikan Lampu di Malam Hari Sewaktu Tidur?

Manfaat lampu gelap saat tidur
Lampu Tidur

 

Ternyata kegiatan yang saya rasa pertama tidak penting ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, mau tau kenapa? Begini, di dalam tubuh kita terdapat suatu hormon yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam memerangi berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Nah hormon melantonin ini dibentuk dari sintesis dan sekresi dari kelenjar pineal. Dan kelenjar ini dapat berfungsi untuk membentuk hormon melantonin di waktu malam di saat tidak ada cahaya di sekitarnya. Kurang lebih begini,  semakin malam semakin gelap tubuh kita akan merasa lelah dan mengantuk. Ini jelas wajar, sintesis dan sekresi hormon melatonin oleh kelenjar pineal meningkat seiring dengan semakinnya malam. Hormon inilah yang menyebabkan kita menjadi mengantuk di malam hari. Fungsi dari rasa kantuk adalah sebagai sinyal positif tubuh agar segera mengistirahatkannya. Hormon yang mempengaruhi irama sirkadian ini kemudian akan menyesuaikan sehingga terjadi sinkronisasi antara siklus tidur dengan siklus pergantian siang dan malam di lingkungan.

Secara ilmiah, cahaya yang ada dalam ruangan tidur akan menembus sampai bagian mata kita walaupun dalam keadaan terlelap, sinar tersebut akan memasuki ruangan stimulator yang nantinya direspon oleh otak. Dengan kata lain walaupun mata kita terpejam, tetapi jika ada cahaya yang bersinar maka otak kita akan bekerja untuk merespon atau mengartikan cahaya yang masuk tersebut.

Dalam sebuah hadis juga mengatakan bahwa, Jabir Bin Abdullah bahwasanya Rasulullah bersabda : “Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian”.

Untuk mendapatkan aktivitas tidur yang berkualitas baik di malam hari. Mulai di sore hari mulai kurangi cahaya. Bukan berarti harus gelap gulita. Misalkan kita beraktivitas di suatu ruangan, ruangan lain yang tak ada orang sebaiknya diredupkan cahayanya. Dengan demikian, otak kita juga akan mengenali sore hari dari mulai berkurangnya cahaya. Tapi biarkan sedikit cahaya tetap menyusup masuk, atau gunakan lampu tidur kecil di kamar. Ini bertujuan agar Anda tetap dapat melihat ketika tengah malam terbangun dan harus ke kamar mandi.

Incoming search terms: