Manfaat Puasa Senin Kamis

Semua ajaran dalam Agama Islam merupakan ajaran yang paling benar untuk diterapkan dalam kehidupan manusia di manapun ia berada. Islam hanya mengajarkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Selain itu, Islam sangat menganjurkan kepada semua pemeluknya untuk mengikuti semua hal yang diperbolehkan agama dan menjauhi semua yang dilarang oleh agama. Islam memiliki lima pilar sebagai pedoman hidup, yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa, dan munggah haji. Dari kelima pilar tersebut, ada satu pilar yaitu puasa yang rutin dilakukan selama bulan Ramadhan. Puasa merupakan menahan semua hal yang dapat membatalkan puasa dimulai dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Selain puasa wajib yang dilakukan pada bulan Ramadhan, ada berbagai macam puasa sunnah yang bisa dilakukan diluar bulan Ramadhan. Salah satu puasa sunnah yaitu puasa yang dilakukan pada setiap hari Senin dan Kamis. Selain mendatangkan pahala, ternyata manfaat puasa Senin Kamis sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang selalu dijalankan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW, sudah sepatutnya untuk mengikuti semua hal yang beliau lakukan selama hidupnya. Selain mendapatkan pahala karena melaksanakan puasa, ternyata menahan rasa lapar juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa tubuh yang sedang berpuasa akan diperbaiki dari segala macam kerusakan serta membersihkan semua racun yang ada pada tubuh.

Tubuh yang sedang berpuasa juga mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang dibawa oleh makanan. Tubuh yang sedang berpuasa akan menggunakan lemak sebagai asupan makanan, sehingga lemak yang ada pada tubuh akan berkurang sekaligus mengurangi munculnya penyakit yang disebabkan oleh minyak tubuh yang tidak diproses, seperti jantung coroner, diabetes, dan tentunya kegemukan. Sehingga tidak heran apabila banyak para wanita yang menjalankan puasa untuk menjaga postur tubuh yang ideal. Puasa juga sering disebut sebagai cara diet yang paling aman untuk dilakukan.

Manfaat lainnya dari menjalankan puasa Senin Kamis ialah organ dalam tubuh manusia akan beristirahat. Hal ini dikarenakan tubuh tidak akan bekerja terlalu keras untuk mencerna sari-sari makanan. Salah satu bagian atau sistem tubuh manusia yang mendapatkan dampak terbesar dari menjalankan puasa Senin Kamis yaitu sistem pencernaan. Mulai dari lambung hingga usus akan berhenti sejenak karena tidak adanya makanan yang perlu diproses. Dengan istirahatnya sistem pencernaan, maka saat bekerja kembali akan maksimal.

Hal-hal diatas hanya sebagian kecil dari sekian banyaknya manfaat puasa Senin Kamis. Dengan kebaikan yang didapatkan tubuh ketika berpuasa, akan semakin menguatkan rasa kasih sayang Allah SWT kepada semua umat-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *