Manfaat Super Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Super Bawang Merah Untuk Kesehatan

Daun bawang merah sudah sejak lama berteman dekat sebagai bahan masakan. Ya, setiap orang sering menggunakan bawang merah untuk masakannya. Bahkan bawang merah juga dibuat versi keringnya menjadi bawang goreng, berwarna kecoklatan, untuk melengkapi lauk sate. Bawang merah memang banyak digunakan karena aromanya yang benar-benar khas, khususnya jika dijadikan campuran untuk masakan, sehingga masakan pun dapat terasa lebih sedap dibandingkan dengan yang tak menggunakan bawang merah ini. Selain bawang merah, ada beberapa jenis bawang lainnya seperti bawang putih dan bawang daun. Sebelum membahas lebih mendalam tentang manfaat dari bawang merah bagi kesehatan, mari simak sekilas tentang jenis-jenis daun bawang.

Manfaat super Bawang merah untuk Kesehatan

Jenis-jenis daun bawang

Bawang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu bawang semprong atau dikenal juga dengan daun bawang bakung. Untuk bahasa latinnya yakni allium porrum. Sementara jenis kedua yakni daun bawang prei atau leek. Fisik yang dimiliki oleh kedua jenis kategori bawang ini benar-benar berbeda, sehingga dapat diketahui dengan mudah. Ciri dari jenis daun bawang pertama, daun bawang bakung atau semprong (sibol) yakni tak memiliki umbi, memiliki dan pipih serta panjang, dan mempunyai pelepah yang liat juga panjang. Sementara itu, untuk daun bawang leek atau prei, cirinya yakni tak mempunyai umbi, berdaun pipih, panjang, dan mempunyai pelepah yang liat serta panjang. Jika dilihat secara fisik dan kasat mata saja, Anda tentu sudah bisa membedakan kedua jenis bawang-bawangan ini. Walaupun mempunyai fisik berbeda. Tetapi, keduanya tetap sering digunakan untuk pelengkap masakan, khususnya di negara Indonesia. Selain itu, juga digunakan sebagai aksesoris mempercantik masakan.

Manfaat daun bawang merah

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, sekarang mari kita membahas tentang kegunaan atau manfaat dari daun bawang untuk kesehatan.

Menurunkan kolesterol

Manfaat pertama bawang merah yakni untuk menurunkan kolesterol. Bawang merah memang dapat menjaga kolesterol yang bersifat baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sudah dilakukan penelitian, tepatnya oleh ilmuwan dari Hong Kong, di mana subjek penelitian yang berupa hamster, kemudian diberi bawang merah yang sudah dihancurkan, ternyata kadar kolesterol hamster tersebut turun.

Menyembuhkan sakit tenggorokan

Sama seperti jahe, ternyata bawang merah berkhasiat menyembuhkan penyakit tenggorokan yang mengganggu. Bawang merah dikenal juga sebagai obat ayurveda, yang digunakan pada waktu seseorang terinfeksi penyakit tenggorokan juga batuk. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan bawang merah, lalu buat menjadi jus, bisa tambahkan madu dan jahe untuk hasil yang lebih mujarab.

Meredakan nyeri perut

Apabila sewaktu-waktu Anda mengalami nyeri pada perut, Anda dapat menggunakan bawang merah untuk menyembuhkannya. Konsumsi bawang yang sudah dijadikan jus, nyeri perut Anda pun akan mereda. Ini karena bawang merah memiliki kandungan anti radang, dan senyawa inilah yang membantu nyeri perut Anda bisa mereda.

Mengobati infeksi pada kulit kepala

Bawang merah yang sudah dijadikan jus juga dapat Anda gunakan untuk mengobati infeksi di kepala. Biasanya infeksi ini berupa infeksi jamur, yang jika dibiarkan rambut pun bisa rusak, serta mengakibatkan kerontokan untuk jangka panjang. Nah, dengan memanfaatkan bawang merah, Anda tak perlu takut hal itu terjadi. Bawang merah akan membantu dalam membuka pori kulit kepala yang tersumbat folikel rambut.

Anda bisa memperoleh bawang merah dengan gampang, baik di pasar maupun supermarket modern, dan harganya pun tak terlalu mahal, untuk memanfaatkan khasiatnya. Sekian artikel tentang manfaat super bawang merah untuk kesehatan, ditunggu komentarnya.

Incoming search terms: