Manfaat Tanaman Saga Untuk Mengobati Penyakit

Tanaman saga merupakan tanaman yang liar namun untuk menemuinya sangat mudah. Tanaman saga banyak tumbuh didaerah hutan-hutan atau ladang-ladang. Tanaman ini memiliki biji yang mirip dengan kacang polong namun yang lebih uniknya tanaman saga ini memiliki rasa yang manis berbeda dengan daun-daun yang ada. Tak perlu diragukan lagi untuk tanaman ini karena sudah tak asing lagi banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Daun saga sendiri sering digunakan untuk obat herbal. Adapun manfaat yang terkandung didalamnya yaitu :

Manfaat daun saga

  • Obat Amandel – Siapa yang tidak tau penyakit amandel. Penyakit ini sering kali ditemukan disekeliling kita. Untuk pengobatan dengan menggunakan tanaman saga bisa dilakukan dengan mudah. Ambil daun akar saga lalu kemudian bersihkan dan tambahkan dengan gula batu, kayu manis yang telah dicuici bersih. Lalu kemudian anda bisa rebus sampai mendidih. Untuk semua bahan yang sudah dipersiapkan dengan 4 gelas air, kemudian sisakan menjadi ½ gelas kemudian anda bisa diaman lalu saring dan minum air rebusan tersebut. Untuk mengkonsumsi air rebusan daun saga bisa dilakukan dua kali dalam satu hari, yaitu pagi dan sore.
  • Obat Sariawan – Siapa yang menginginkan terkena penyakit sariawan. Perih dan sakit itu pastinya akan terasa oleh penderita. Namun jangan khawatir karena telah ada obat tradisional yang dapat menyembuhkannya. Untuk cara mengobatiya dengan mengambi daun saga yang masih segar atau yang baru dipetik dari pohon, lalu anda bisa diamkan di tepat yang agak panas, agar daun saga tersebut mengering dan layu. Setelah mengering anda bisa mencuci bersih dan langsung dikunyah sampai halus. Anda bisa langsung kumur-kumur, untuk daun saganya jangan sampai di telan. Itulahlah manfaat tanaman saga untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
  • Obat Batuk – Untuk obat batuk sendiri anda tak perlu membeli obat di apotek dengan harga mahal, anda bisa dengan mudah memakai obat tradisional dengan menggunaka tanamna saga. Untuk caranya sendiri ambil daun saga secukupnya, lalu cuci hingga bersih, lalu anda bisa tambahkan daun asam, kayu manis yang digunakan untuk merebus daun saga dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih. Kemudian anda bisa sisakan ½ gelas yang kemudian bisa anda minum namun sebelum diminum air rebusan tersebut sudah disaring. Sangta dianjurkan untuk meminum satu hari dua kali dengan komposisi ½ gelas.
  • Obat Panas Dalam – Jika kondisi dalam keadaan kurang fit karena terlalu banyaknya aktivitas yang dilakukan, anda bisa terkena panas dalam. Caranya ambilah daun saga kira-kira 15 tangkai daun sagu lalu kemudian cuci daun tersebut sampai bersih, lalu anda bisa rebus daun tersebut. Setelah kira-kira daun tersebut layu, anda bisa minum daun tersebut cukup hanya dengan satu kali sehari.

Sangat disarankan anda untuk sering mengkonsumsinya jika anda terkena penyakit yang telah dijelaskan seperti di atas. Demikian penjelasan mengenai manfaat tanaman saga untuk berbagai penyakit. Semoga cara yang sederhana ini dapat membantu anda dalam menyembuhkan penyakit. Mengkonsumsi obat tradisional sendiri sangat dianjurkan karena rendah akan efek samping. Penyakit timbul karena kurangnya perhatian untuk kepada tubuh. Seperti, istirahat, tidak teratur makan, dan lain sebagainya. Jika memang penyakit masih belum sebih, segera periksalah ke doktter untk mendapatkan perawatan lebih khusus.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *