Manfaat Udara Pagi

Manusia adalah makhluk hidup yang bernafas menggunakan paru-paru. Setiap oksigen yang masuk kedalam tubuh akan masuk ke dalam paru-paru dan nantinya akan disebarkan ke seluruh tubuh. Oksigen atau udara diperlukan bagi tubuh sebagai bahan bakar yang berfungsi untuk menjalankan semua organ dalam tubuh manusia. Manusia diibaratkan seperti mobil yang memerlukan BBM seperti premium, pertamax, ataupun solar untuk menjalankan mesin. Apabila mobil tidak mendapatkan suplai BBM, maka mobil tersebut tidak akan bisa berjalan. Hal itu pula berlaku untuk manusia, apabila manusia tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup maka paru-paru akan meledak serta jantung akan berhenti bekerja. Melihat pentingnya oksigen bagi keberlangsungan kehidupan manusia, maka manfaat udara pagi sangat baik untuk dinikmati.

udara pagi

Pepatah orang tua jaman dulu mengenai bangun pagi sepertinya bukan isapan jempol belaka, karena manfaat udara pagi sangat baik untuk kesehatan. Seperti yang diketahui, udara pada waktu pagi hari merupakan udara yang masih bersih, sehingga kandungan oksigen yang terkandung pada udara pagi hari merupakan oksigen dengan kualitas terbaik. Apabila oksigen yang dihirup kualitasnya sangat baik, maka akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Manfaat menghirup udara pagi hari bagi kesehatan akan melancarkan semua peredaran darah, baik besar maupun kecil. Selain itu, oksigen pada pagi hari merupakan oksigen dengan kualitas yang bersih. Apalagi ditambah dengan menikmati sinar mentari pada pagi hari mampu untuk memproduksi kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit serta treatment mencegah penuaan dini yang paling mudah untuk dilakukan. Selain bagus untuk kesehatan, ternyata udara dipagi hari juga sangat bagus untuk kondisi mental. Seseorang yang sering bangun pagi, akan lebih siap dalam menghadapi rutinitas sepanjang hari.

Apalagi pada era modern seperti saat sekarang ini mendapatkan udara dengan kualitas baik sangatlah mudah, dimana-mana hanya terdapat udara dengan kualitas udara yang sangat buruk. Khususnya pada saat siang hari, hanya tersedia udara yang penuh dengan zat-zat berbahaya. Zat-zat berbahaya tersebut berasal dari kendaraan bermotor yang semakin hari semakin bertambah populasinya. Sehingga tidak heran apabila kualitas udara di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Riau sangat tidak baik untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan dunia WHO, kualitas udara yang buruk mampu untuk meningkatkan berbagai macam penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan bronchitis.

Penyakit-penyakit tersebut bukan penyakit sembarangan, karena akan membahayakan nyawa seseorang. Sehingga dianjurkan bagi yang beraktifitas pada siang hari untuk memakai pelindung wajah atau masker. Penggunaan masker akan menghambat zat-zat berbahaya masuk kedalam pari-paru. Dengan melihat realita yang terjadi akhir-akhir ini, menikmati khasiat udara pagi sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan tubuh.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *