Memilih Tema untuk Desain Rumah

Alam Maya – Seberapa besarpun anda ingin membangun rumah, pemilihan tema tetap menjadi bagian terpenting. Memilih tema ibarat memilih kerangka dasar untuk sebuah rumah. Dari sana anda bisa mengembangkan desain rumah anda sesuai dengan keinginan. Ada begitu banyak tema yang bisa anda pilih. Jika anda merasa kebingungan, mungkin pembahasan berikut ini bisa menjadi inspirasi.

Tema untuk Desain Rumah

Ada beberapa tema umum untuk desain rumah, yang pertama adalah tema modern. Orang menyukai tema ini karena mengusung konsep “elegan dan simpel”. Seperti yang sering kita lihat pada rumah modern, biasanya tema ini lebih mengutamakan tata ruang yang sederhana namun tetap enak dilihat. Untuk mewujudkan tema ini, ruang terbuka di dalam rumah harus menjadi perhatian utama. Dari sisi dekorasi, biasanya tema ini banyak memakai material kaca dan metal. Namun sering juga dikombinasikan dengan elemen alami, seperti kayu atau semacamnya.

Tema untuk desain rumah berikutnya adalah kontemporer. Tema ini didominasi oleh pemakaian warna-warna solid, pola sederhana, garis-garis, dan minim dekorasi. Banyak orang tidak bisa membedakan antara desain modern dan kontemporer. Walaupun keduanya serupa, namun desain kontemporer terlihat lebih rumit terutama pada permainan motif dan warna. Beberapa jenis material yang mencerminkan tema desain ini adalah kaca, batu-batuan, krom, stainles steel, granit, dsll. Tema untuk desain rumah berikutnya adalah tradisional. Rumah yang dibangun zaman dulu semuanya mengusung konsep tradisional. Coba anda bayangkan apa saja yang mencolok dari rumah tradisional. Iya, material kayu adalah salah satunya. Rumah tradisional memang sangat identik dengan kayu. Kursi, meja, tempat tidur, hampir semua furniture dibuat dari kayu. Dari sisi motif, yang mewakili tema ini antara lain bunga, garis-garis, damas, batik, dll.

Tema lain yang bisa anda coba adalah pantai. Berada di pesisir pantai bisa membuat kita merasa tenang, sensasi seperti itu juga bisa kita dapatkan saat mendekorasi rumah dengan tema ini. Tema ini identik dengan warna-warna cerah yang netral seperti putih dan biru. Berbagai benda yang terdapat di pantai juga bisa menguatkan tema ini, seperti koral, bebatuan alam, pohon kelapa, bambu, kerang, dsb. Elemen lain yang juga harus ditonjolkan adalah air. Anda bisa membuat berbagai hiasan bertema air, seperti kolam, air mancur, kincir air, dsb.

Sekian tips memilih tema untuk desain rumah. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *