Mengenal dan Meningkatkan Domain Authority

Berhadapan dengan SEO memang tidak mudah, terlebih setelah beberapa kali update massal mulai dari Panda hingga Penguin. Dulu mungkin cukup mudah untuk mendapatkan rangking di Google. Kita hanya perlu memberikan backlink sebanyak-banyaknya ke website kita, dan posisi di SERP akan terdongkrak dengan sendirinya. Saat ini sama sekali berbeda, kita tidak bisa lagi membangun link secara asal-asalan. Sedikit saja disinyalir ada “kecurangan”, website kita bisa menghilang dari mesin pencari. Salah satu indikator yang sering dipakai untuk optimasi SEO saat ini adalah domain authority. Itu merupakan nilai yang menunjukkan seberapa kuat sebuah domain bisa bersaing di SERP.

menaikan domain authority

 

Seringkali kita melihat website besar seperti Wikipedia.org atau Facebook.com menempati halaman pertama mesin pencari. Itu karena domain authority dari kedua website sudah sangat tinggi. Oleh sebab itu, konten apapun yang mereka publikasikan pasti akan dengan mudah masuk ke halaman 1 mesin pencari. Anda perlu meningkatkan domain authority untuk lebih mudah bersaing di SERP. Ada beberapa parameter yang dipakai untuk menilai metrik ini, yaitu jumlah link, jumlah domain, dsb. Domain yang masih fresh biasanya memiliki nilai authority yang sangat rendah. Jika tidak dioptimasi, maka selamanya nilai tersebut akan stagnant. Oleh sebab itu, kita sebagai webmaster harus berinisiatif untuk meningkatkan nilai tersebut.

Bagaimanakah caraya? Yang pertama adalah tingkatkan jumlah backlink menuju website anda, baik ke domain utama maupun ke halaman tertentu. Karena jumlah inbound link menjadi salah satu faktor penentu, maka anda harus melakukan optimasi SEO secara berkala. Website yang disirami backlink secara teratur, suatu saat akan memiliki nilai authority yang tinggi. Skor untuk domain authority adalah 0-100. Namun harap berhati-hati dengan cara membangun link. Percuma saja meningkatkan jumlah backlink jika anda melakukan secara spammy dan tidak natural. Google akan memberi penalti pada website yang dibangun dengan cara-cara seperti itu.

Yang lebih penting lagi adalah bagaimana membangun link dari authority website. Website dengan PR tinggi, umur domain lama, alexa rank kecil, bisa dikategorikan sebagai authority website. Itu merupakan tempat yang tepat untuk menanam backlink. Selain itu, usahakan mencari backlink dari website yang satu topik dengan website anda. Dulu memang tidak masalah mencari BL pada website mana saja, namun setelah update Google Panda dan Penguin, semuanya perlu dilakukan secara hati-hati.

Untuk meningkatkan domain authority, jangan lupa memposting artikel. Jumlah halaman sangat mempengaruhi nilai ini. Website terlihat natural bagi Google jika jumlah post bertambah seiring waktu. Oleh sebab itu, jangan biarkan website anda terbengkalai terlalu lama. Lebih baik memposting 2-3 artikel setiap minggu daripada 50 artikel sekali waktu, namun setelah itu tidak pernah diupdate lagi. Umur domain juga sangat mempengaruhi nilai ini. Domain tua biasanya relatif lebih mudah untuk terindeks dan memenangkan persaingan di SERP. Domain akan terus menua seiring waktu, tugas anda adalah rajin memposting artikel dan mencari baclink secara teratur. Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah diversifikasi link dan internal link. Carilah backlink dari berbagai domain, kemudian jangan lupa mengaitkan setiap halaman di dalam website anda.

7 Comments
  1. lea
  2. pakar seo
  3. sobat petualang
  4. andrie
  5. Fadhly.biz
  6. Vhenny Pratiwie
  7. dewi susanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *