Menikmati indahnya Goa Jomblang

Bagaimana ya rasanya berwisata di goa? mungkin yang anda pikirkan goa itu kebanyakan sempit dan pengap serta tidak ada hal yang menarik disana. Namun pada kenyataannya berbeda. Justru goa yang satu ini dijadikan sebagai tempat wisata yang cukup populer.

Yogyakarta merupakan kota dengan banyak tempat wisata yang terkenal seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Disana juga terdapat tempat perbelanjaan yang disebut Malioboro. Ternyata selain tempat-tempat tadi, terdapat satu tempat yang mungkin membuat anda penasaran dan ingin mencoba berkunjung kesana. Ya Goa Jomblang, yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Goa ini merupakan salah satu dari banyaknya goa yang ada di Gunung Kidul ini. Goa Jomblang terkenal karena keunikan dan keindahan yang terkandung di dalam goa. Sekitar tahun 2011 Goa Jomblang ini pernah dijadikan tempat pengambilan gambar dalam acara Amazing Race Amerika. Berkat acara ini, nama Goa Jomblang pun menjadi melejit dan populer.

Wiasata Goa Jomblang

Kebanyakan goa yang di kunjungi biasanya masuk dengan merangkak atau berjalan masuk. Namun berbeda dengan goa jomblang ini, ketika hendak masuk, anda hanya bisa menggunakan tali tunggal dan harus mempunyai teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Selain itu pengunjung juga wajib  menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan caving di goa vertikal dan tentu harus didampingi oleh penelusur goa yang sudah berpengalaman. sepatu boot, helm, dan headlamp pun wajib dipakai untuk keamanan selama perjalanan menuju goa. Jika anda takut ketinggian, anda jangan khawatir, karena Operator Cave Kalisuci siap menurunkan Anda ke dalam goa.

Goa ini mempunyai kedalaman 60 meter dari atas tanah. Anda pun akan melihat pemandangan  yang luar biasa dari mulai masuk goa sampai turun. Sesampainya anda di bawah, anda akan melihat perbukitan karst dan pohon jati. Sedangkan di dalam perut Goa Jomblang terhampar pemandangan hutan yang sangat indah, dan terdapat bebagai aneka lumut, semak, paku-pakuan hingga pohon-pohon besar yang tumbuh subur disana. Hutan ini juga dikenal sebagai hutan purba karena dilihat dari vegetasi yang sangat jauh berbeda dari hutan yang ada diatas sana.

Di sini anda juga bisa mendengar air deras yang mengalir. dan jika anda melihat di bagian bawah terdapat sungai yang mengalir. Air yang menetes dari ketinggian ikut serta dalam mempercantik pemandangan.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *