Menyelam Di Pantai Tulamben Bali

Bagi para penyelam, keindahan laut adalah suatu anugerah yang tidak bisa didapatkan di daratan. Tidak bisa disebutkan satu persatu alasan kenapa keindahan laut menjadi suatu anugerah tersendiri.

Pantai Tulamben Bali

Bagi yang hobi menyelam, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan pantai Tulamben Bali. Pantai yang dianugerahi oleh kekayaan biota lautnya yang membuat pantai ini menjadi primadona bagi para penyelam baik lokal maupun mancanegara. Untuk anda yang belum pernah ke pantai Tulamben, pasti akan bertanya memang ada apa saja selain biota laut, sehingga tempat itu menjadi sasaran para penyelam? jawabannya akan anda ketahui sebagai berikut :

  1. Suci Place – Anda pernah melihat patung buddha di dalam air? Suci’s Place merupakan sebuah taman di bawah laut hanya di kedalaman 9-17 meter anda sudah bisa melihat keindahan taman dengan patung-patung seperti “Buddha” dan ibunya, “Dewi Tara”, artefak lain pun bisa anda temukan disini. Selain populer di kalangan penyelam, Dive spot ini juga ternyata tempat bermain dan sebagai tempat tinggal baru bagi jenis ikan murane, cleaner fish dan lainnya.
  2. Bangkai Kapal USS Liberty – Anda dapat menemukan bangkai kapal USS Liberty yang sudah lama ada disini. Dan bangkai kapal ini tidak sedalam yang anda kira, kapal ini hanya bisa ditemui hanya di kedalaman 30 meter saja. Selain itu di dekat bangkai kapal ini, anda akan menjumpai beberapa ikan yang jinak yaitu  surgeonfish dan segerombolan bumphead parrotfish, great barracuda dan berbagai siput laut yang warnanya sangat cantik.
  3. Tulamben Wall (drop off) – Jika anda ingin menguji adrenalin dan keberanian anda, anda bisa mencobanya turun lagi ke dasar sekitar 60 – 70 meter. Karena disini tempatnya hewan laut besar seperti hiu karang dan hiu martil. Dan ketika anda melihat ke atas pun akan melihat terumbu karang yang indah dan berwarna-warni yang menjadi perpaduan yang menarik dengan ikan beserta mahluk-mahluk laut yang berwarna-warni pula. Selain itu Drop Off juga menawarkan berbagai temuan objek makro yang jenisnya sangat beragam yang bisa anda temui disini. Tentu masih banyak lagi yang bisa anda temukan di tulamben ini, tergantung bagaimana anda mengeksplor tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *