Minuman Bersoda Sebabkan Batu Ginjal

Saat ini minuman bersoda semakin banyak jenisnya dan sangat mudah mendapatkannya. Banyak orang yang suka mengonsumsi minuman ini karena keunikan rasanya, namun tidak mengetahui dampak buruk minuman soda. Tapi bagi anda yang gemar meminumnya setiap hari sebaiknya Anda menguranginya dan jika perlu menghentikannya. Dari hasil sebuah penelitian menyebutkan bahwa minuman bersoda banyak mengandung gula yang menjadi penyebab obesitas, diabetes, dan menambah risiko stroke dan batu ginjal. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan oleh Clinical Jornal of American Society of Nephorology dan memaparkan bahwa risiko batu ginjal akan lebih besar dialami oleh mereka yang mengonsumsi minuman bersoda setiap hari.

Risiko batu ginjal dapat dikurangi dengan cara menyuplai lebih banyak cairan ke dalam tubuh. Akan tetapi tidak semua cairan baik bagi tubuh tetapi malah menambah risiko terjadinya batu ginjal, dan salah satunya adalah minuman bersoda.

Minuman Bersoda Sebabkan Batu Ginjal

Batu ginjal adalah salah satu dampak buruk minuman soda dan merupakan penyakit yang diakibatkan endapan yang teragregasi pada saluran kemih atau ginjal dan kemudian menumpuk menjadi zat padat yang solid. Terkadang batu ginjal keluar sendiri sehingga menimbulkan pendarahan dan rasa sakit yang hebat. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita penduduk dunia. Dari catatan National Institute of Diabetes mengatakan bahwa pada setiap tahunnya tercatat kurang lebih satu juta pasien yang yang berobat karena keluhan batu ginjal.

Sebuah penelitian lain menyebutkan bahwa orang yang dalam sehari setidaknya meminum satu kaleng soda manis akan mengalami peningkatan risiko batu ginjal hingga 23 % lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda dalam satu minggu. Walaupun riset ini berfokus pada penelitian dampak buruk minuman bersoda, mereka juga menemukan beberapa minuman yang baik untuk mengurangi risiko batu ginjal seperti kopi (16 % lebih rendah jika tidak mengandung kafein dan 26 % lebih rendah untuk kopi yang mengandung kafein), jus jeruk (12 %), anggur ( 31-33 %) bir (41 %) dan teh (11 %).

Untuk mengurangi risiko batu ginjal tidak cukup dengan mengurangi mengonsumsi minuman bersoda saja tapi juga harus dibarengi dengan olahraga yang cukup. Jika anda masih sulit untuk lepas dari ketergantungan minuman bersoda, anda bisa seimbangkan dengan pola makan yang baik serta mengurangi gaya hidup yang buruk. Semua hal tersebut dilakukan agar dampak buruk minuman soda bisa dikurangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *