Minuman untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Alam Maya – Tekanan darah tinggi adalah masalah banyak orang. Seiring bertambahnya usia, resiko mengalami penyakit ini semakin tinggi. Oleh sebab itu, anda sebaiknya melakukan tindakan preventif dari awal. Bagi anda yang memiliki masalah hipertensi, gaya hidup sehat harus diutamakan. Mengkonsumsi makanan sehat, menghindari rokok dan alkohol, merupakan beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

minuman untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Selain makanan, ternyata ada pula minuman untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Apa saja? Yang pertama adalah susu. Bukan susu yang biasa, melainkan susu rendah lemak. Tekanan darah tinggi memiliki keterkaitan dengan berkurangnya kadar kalsium di dalam tubuh. Dengan mengkosumsi makanan tinggi kalsium, ini akan berdampak pada menurunnya tekanan darah. Saat ini ada banyak produsen susu dengan berbagai produk olahannya. Pastikan yang anda pilih adalah susu rendah lemak yang tinggi kalsium.

Minuman lain yang bisa anda coba adalah jus buah bit. Buah bit memiliki kandungan potasium yang tinggi. Kandungan penting lainnya adalah folat. Kedua zat ini berperan penting dalam menjaga kestabilan tekanan darah. Tidak hanya itu, buah bit juga memiliki kandungan nitrat yang diketahui mampu menenangkan jaringan otot. Secara umum, buah bit sangat baik untuk memelihara kesehatan pembuluh darah. Biasakan meminum jus bit 1 hingga 2 gelas dalam sehari. Anda suka buah delima? Buah bercitarasa asam ini juga ternyata memiliki efek yang sama. Cara kerja buah ini adalah dengan menghambat ACE. ACE merupakan jenis enzim yang bisa meningkatkan tekanan darah. Enzim ini memproduksi sebuah protein yang disebut dengan angiotensin II. Ini mengakibatkan pembuluh darah berkontraksi secara berlebihan. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan produk jus delima. Namun biasanya produk tersebut memiliki tambahan gula yang bisa mempengaruhi kesehatan. Lebih baik peras langsung buah delima untuk diminum airnya. Jika terlalu pekat, bisa ditambahkan dengan air.

Minuman untuk menurunkan tekanan darah tinggi berikutnya adalah air. Tubuh sebagian besar terdiri atas air. Jika anda membiarkan tubuh dehidrasi, berbagai organ akan terkena dampaknya. Pada penderita darah tinggi, kondisi dehidrasi bisa memicu kontraksi pada pembuluh darah. Kontraksi tersebut sebenarnya bertujuan baik, yaitu untuk mencegah air keluar lebih banyak lagi dari dalam tubuh agar tidak memicu dehidrasi yang lebih parah. Namun pada penderita hipertensi, kontraksi pembuluh darah sangat membahayakan. Oleh sebab itu, minumlah banyak air setiap hari agar tubuh anda menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *