Nutrisi Penting Untuk Menaikkan Berat Badan

Upaya menurunkan berat badan, sama peliknya dengan usaha untuk menaikkan bobot tubuh. Orang dengan badan yang kurus, biasanya meningkatkan porsi makan supaya cepat gemuk. Namun seringkali usaha tersebut gagal dan membuat frustasi, karena kekurangan Nutrisi Untuk Menaikkan Berat Badan

 

Nutrisi Penting Untuk Menaikkan Berat Badan
Penting Untuk Menaikkan Berat Badan

1.   Karbohidrat – Karbohidrat adalah bahan utama dalam pembentukan energi. Dengan berat badan yang kurang, Anda membutuhkan energi lebih banyak saat beraktivitas. Konsumsilah makanan untuk menaikkan berat badan yang mengandung karbohidrat tinggi misalnya roti, nasi, ubi dan jenis makanan yang tinggi kadar gulanya.

2.   Kolesterol – Badan yang kurus membutuhkan kolesterol dalam jumlah yang cukup agar bisa lebih gemuk. Namun berhati-hatilah, kolesterol yang diperlukan adalah kolesterol yang baik bagi jantung dan mengandung nutrisi lain yang penting. Ikan bakar dan telur merupakan contoh makanan yang tepat bagi tubuh yang kurus, karena mengandung asam lemak omega 3. Anda juga bisa memperoleh nutrisi tersebut dari produk kacang-kacangan.

3.   Lemak – Jangan menganggap lemak selalu berkaitan dengan kondisi tubuh yang tidak sehat. Sejatinya, tubuh kita sangat membutuhkan lemak, terutama pada orang dengan tubuh yang kurus. Nutrisi lemak sangat penting untuk dikonsumsi dan Anda bisa mendapatkannya dari makanan untuk menaikkan berat seperti keju dan mentega.

4.   Protein – Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Anda mesti memperhatikan jumlah asupan protein yang Anda konsumsi tiap harinya. Protein punya peranan dalam menurunkan kadar lemak jahat dan memperbesar massa otot kita. Konsumsilah ikan tuna, salmon dan ikan jenis lainnya untuk mendapatkan protein yang cukup. Penuhi juga kebutuhan protein nabati dengan mengkonsumsi susu. Untuk mendapatkan energi dan protein sekaligus, konsumsilah selai kacang beserta roti panggang.

Usahakan untuk tetap menjaga gaya hidup yang sehat serta mematuhi pola makan yang baik. Jika anda menjalankan dua faktor kunci tersebut anda tidak hanya bisa mendapatkan tubuh yang ideal namun juga kesehatan akan tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama.