Penyebab Insomnia

Setelah melakukan rutinitas pada waktu siang hari, tubuh memerlukan istirahat demi mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala. Istirahat yang paling baik untuk menjaga kondisi tubuh ialah dengan tidur. Namun, banyak yang mengeluhkan akan susahnya melakukan tidur pada tubuh telah kelelahan. Hal tersebut merupakan penyakit yang bernama insomnia. Penyakit ini membuat para penderitanya susah untuk tidur diwaktu malam hari. Dengan susahnya tubuh beristirahat, maka akan mempengaruhi terhadap kualitas istirahat bagi tubuh. Dengan demikian, penyakit insomnia juga merupakan faktor pendukung munculnya berbagai penyakit seperti demam, pusing, lesu, dan lemah. Dan banyak yang bertanya apa sebenarnya penyebab insomnia.

Penyebab insomnia

Faktor pendorong seseorang terjangkitnya susah tidur atau insomnia ialah pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup sehat yang semakin banyak bermunculan ini ialah dengan seringnya makan makanan junk food, minuman beralkohol, serta kebiasaan begadang setiap malam. Faktor terakhir pendorong seseorang terserang penyakit insomnia sepertinya faktor penyebab terbanyak yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Khususnya bagi kalangan anak muda yang selalu bermain sampai larut malam, menonton pertandingan sepak bola, hingga cuma sekedar berselancar di internet atau dunia maya.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kalangan anak muda ini sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena pada saat tidur tubuh akan memproses semua makanan serta memproduksi berbagai macam hormone yang hanya bisa dilakukan ketika tidur malam hari. Selain faktor tersebut, ternyata ada faktor pendorong lain yang dapat memicu munculnya penyakit insomnia yaitu tingkat depresi yang melanda. Biasanya hal ini dialami oleh orang yang telah berusia lanjut. Tekanan pekerjaan, masalah yang tidak kunjung selesai merupakan hal-hal yang bisa menaikkan tingkat depresi seseorang. Dengan tingkat depresi atau stress yang sangat kronis, bisa menyebabkan hilangnya rasa kantuk akibat otak selalu memikirkan persoalan yang sedang dihadapi.

Untuk menyembuhkan penyakit insomnia tentunya bukan hal yang mudah, karena diperlukan komitmen untuk sembuh. Selain itu juga agar terhindar dari penyakit insomnia harus meninggalkan kebiasaan buruk seperti begadang sampai larut malam. Apabila penyakit susah tidur atau insomnia tidak segera disembuhkan, maka dampak terburuk bisa menyebabkan seseorang tidak akan pernah istirahat selama masa hidupnya. Dengan kata lain sistem kekebalan tubuh akan menurun dan tidak bisa menghalau semua jenis bakteri atau virus yang bisa menyebabkan penyakit.

Setelah mengetahui penyebab insomnia, maka mulailah untuk kembali beraktivitas secara normal. Dan juga mulai menerapkan gaya hidup yang sehat seperti dengan banyak mengkonsumsi bahan makanan organic, buah-buahan yang kaya akan vitamin serta serat, istirahat apabila sudah waktunya untuk istirahat, serta olah raga rutin. Dengan melakukan hal itu semua, niscaya penyakit insomnia tidak akan pernah menjangkiti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *