Perkembangan Gamelan Indonesia

Tentunya kita sudah tak asing lagi dengan pagelaran wayang di Indonesia. Wayang merupakan kesenian tradisional yang ada di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Wayang sendiri sangat populer dalam peradaban manusia Jawa, khususnya daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dalam pagelaran wayang, berbagai alat musik khas Jawa dipadukan untuk membangun musikalitas wayang tersebut. Gamelan adalah nama alat musik tradisional Jawa yang sangat cocok dipadukan dengan pagelaran wayang. Bukan hanya dalam pagelaran wayang, salah satu instrumen gamelan yaitu gong juga sering digunakan dalam acara resmi pembukaan sebuah event di Indonesia. Gamelan merupakan kesenian tradisional yang harus kita lestarikan demi menjaga identitas Negara Indonesia yang pertama kali terkenal lewat budaya Jawa nya. Dalam masyarakat Jawa, seperangkat gamelan yang terdiri atas demung, saron, kenong, gong, dan beberapa instrumen lainnya apabila dimainkan akan melambangkan tindak tutur kata serta pandangan hidup masyarakat Jawa yang terkenal dengan masyarakat yang ramah dengan ekspresi yang tidak meledak – ledak.

gamelan indonesia

Dalam perkembangannya, gamelan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, misalnya Batak, Bali, Minangkabau, Toraja, dan lain sebagainya. Tetapi gamelan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia ini mempunyai kelengkapan yang lebih sedikit dari pada gamelan – gamelan yang berasal dari Jawa dan Bali. Kita juga mengetahui bahwa peradaban gamelan pertama di Indonesia berasal dari daerah Jawa dan Bali. Perkembangan gamelan di seluruh wilayah Indonesia sangat disesuaikan dengan kondisi masyarakat pada tiap – tiap daerah. Kondisi masyarakat pada tiap – tiap daerah juga sangat berbeda satu sama lain, mulai dari adat istiadat sampai dengan kharakteristik masyarakat daerah tersebut. Sesungguhnya kondisi dan kharakteristik tiap daerah dapat diungkapkan melalui permainan alat musik gamelan tersebut.

Gamelan Indonesia begitu terkenal sampai ke mancanegara, maka dari itu, tak heran jika banyak turis dari mancanegara berkunjung ke Indonesia salah satu tujuannya untuk mempelajari musik gamelan yang ada di Indonesia. Kondisi tersebut juga merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi masyarakat Indonesia karena turis dari berbagai belahan dunia sangat berminat mempelajari salah satu budaya Indonesia yang satu ini. Pada lain sisi, ironisnya pemuda – pemuda Indonesia sekarang cukup sedikit yang berminat mempelajari musik gamelan. Hal ini menghambat upaya pelestarian musik gamelan pada generasi muda. Kebanyakan pemuda Indonesia lebih sering memainkan alat musik modern berupa instrumen – instrument band yang lebih memberikan warna bagi dunia mereka pada masa sekarang. Bagi mereka yang masih mempunyai keyakinan untuk melestarikan musik gamelan di Indonesia, mereka mempunyai ide yang sangat kreatif dengan menggabungkan musik modern dengan penggunaan alat musik gamelan. Hal ini bertujuan untuk melestarikan serta memadukan berbagai macam budaya yang berada di Indonesia. Secara harmonis perpaduan musik tersebut dapat menjadikan simbol keterbukaan masyarakat Indonesia dalam menerima budaya asing, dan menyelaraskannya dengan budaya negeri sendiri.

Incoming search terms: