Rahasia Positif di Balik Daun Kelor

Moringa oleifera atau yang lebih dikenal dengan daun kelor sangat sering dijumpai di daerah dengan ketinggian antara 300-900 meter dari permukaan laut dan memiliki kandungan air yang cukup. Bagian dari pohon kelor yang sering digunakan adalah daunnya untuk dijadikan bahan sayur. Tidak banyak yang menyadari bahwa mengonsumsi daun kelor sangatlah banyak manfaatnya. Diantaranya adalah:

Manfaat Daun Kelor

Daun Kelor

  • Mencegah gizi buruk – Sayur daun kelor biasanya diberikan kepada seseorang yang kekurangan gizi khususnya ibu hamil. Kandungan dalam daun kelor sangat baik untuk menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh karena mengandung protein dan magnesium. Sangat baik memberikan sayur daun kelor kepada anak-anak untuk mencegah gizi buruk.
  • Meningkatkan tinggi badan dan mencegah osteoporosis – Kandungan kalsium dalam daun kelor sangatlah tinggi, bahkan empat kali lebih besar dari susu. Banyak mengonsumsi daun kelor berarti Anda telah mencegah osteoporosis di masa tua dan juga sangat baik diberikan kepada anak-anak di masa pertumbuhan untuk meningkatkan tinggi badan.
  • Meredakan demam – Demam sangat sering dialami oleh anak-anak. Jika anak Anda demam, berilah sayur daun kelor dua kali sehari secara rutin yang sebelumnya telah dimasak bening.
  • Meningkatkan sistem imun – Sistem imun sangat berpengaruh bagi tubuh. Jika sistem imun seseorang lemah, maka ia akan gampang terkena penyakit. Untuk meningkatkan system imun tubuh anda, rutinlah m engonsumsi makanan yang mengandung vitamin C karena mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan mencegah penyakit. Daun kelor merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin C cukup tinggi, bahkan tujuh kali lebih banyak dari kandungan vitamin C dalam buah jeruk.
  • Mencegah diabetes – Penyakit diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas memeroduksi insulin yang berfungsi untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Hasil penelitian dari departemen Kimia Universitas Allahabad di India menunjukkan bahwa senyawa Terpenoid yang terkandung di dalam daun kelor lebih aktif menstimulasi sel pankreas dalam memeroduksi insulin. Ini jauh lebih efektif dibandingkan obat kimia pada umumnya.
  • Mengobati anemia – Kekurangan sel darah merah bisa membuat sesorang lemas dan gampang pusing. Jika anda sering mengalami anemia, rajinlah mengonsumsi daun kelor untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Itulah beberapa khasiat dari daun kelor yang mungkin selama ini belum diketahui. Jadi sangat baik memasukkan daun kelor dalam menu makanan sehari-hari.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *