Rawon Makanan Khas Mojokerto

Rawon Makanan Khas Mojokerto – Jika Yogyakarta identik dengan Gudeg nya, Sementara Sumatera Barat terkenal dengan Nasi Padang nya, daerah Betawi terkenal dengan Gado-Gadonya maka saat anda berada di Jawa timur cobalah untuk mencicipi salah satu masakan khas Jawa Timur, Rawon. Hingga saat ini belum benar-benar ada penelitian yang mampu menjelaskan asal usul masakan Rawon, ada sebagian yang menyimpulkan bahwa makanan rawon ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit sebagai masakan untuk kaum raja dan para bangsawan, hal inilah yang membuat Rawon Mojokerto dianggap sebagai Rawon yang paling dekat dengan keluarga Kerajaan, mengingat pusat Kerajaan Majapahit jaman dulu adalah di sekitar Kabupaten Mojokerto.

Rawon Makanan Khas Mojokerto

Namun hampir di seluruh daerah di Propinsi Jawa Timur memiliki ciri Rawon masing-masing, seperti halnya nasi pecel yang juga menyebar di seluruh pelosok Jawa Timur. Rawon Mojokerto bukan satu-satunya trademark rawon yang ada di Jawa Timur karena jika anda berjalan ke arah Surabaya maka banyak sekali warung-warung membuka lapaknya dengan dagangan Rawon yang diklaim asli Surabaya dan mereka tak segan-segan dengan tulisan besar menulis di bagian depan warung mereka dengan tulisan Rawon Asli Suroboyo, begitu juga saat anda pergi ke Malang, Lamongan dan beberapa daerah pesisir lain nya. Perkembangan Rawon dari dulu hingga sekarang tidak terlalu berubah, Rawon masih identik dengan bumbu kuah hitam yang mengguyur nasi putih hangat dalam semangkuk lengkap dengan potongan dagi sapi dan tauge yang dibiarkan terpisah di sisi lain piring.

Kendati ada beberapa varian rawon yang mulai dikembangkan seperti Rawon Setan yang identik dengan rasa pedasnya, rawon dengkul yaitu nasi rawon yang dicampur dengan iga dan dengkul sapi atau rawon lidah yang mengganti daging sapi dengan irisan daging lidah, namun tetap saja Rawon Mojokerto tidak kehilangan pelanggan nya. Masakan rawon adalah salah satu masakan yang tidak memerlukan bumbu rumit karena bumbu-bumbu yang diperlukan seperti Keluwak, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, ketumbar, kemiri dan jeruk serta garam sangat mudah diperoleh di pasar-pasar tradisional.

Bagi anda yang ingin membuat Nasi Rawon , berikut ada sedikit panduan yang bisa anda coba terapkan untuk masakan anda dirumah. Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 300 gr daging (pilih yang agak berlemak)
  • Tauge pendek yang masih muda
  • 4 Lembar daun Jeruk
  • 1 Batang serai
  • 2 Lembar daun Salam
  • 2 cm Laos yang dimemarkan
  • Garam dan Merica secukupnya
  • 6 gelas air
  • Sedangkan bumbu yang perlu dihaluskan adalah:
  • 4 Siung Bawang Merah
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 4 Buah Kemiri
  • 5 Buah isi Kluwek
  • 2 Buah cabai merah

Setelah mempersiapkan bumbu bumbu diatas. Kini anda sudah siap untuk membuat Rawon Mojokerto untuk keluarga di rumah. Untuk bagian daging sapi nya bisa anda pootng kecil-kecil sesuai selera, kemudian panaskan 2 sendok makan minyak dan tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan daun salam, daun jeruk serta serai dan lengkuas terus tambahkan garam dan merica secukupnya. Panaskan 6 gelas air putih yang telah disiapkan ke dalam bumbu yang telah di tumis lalu berurutan masukkan daging ke dalam kuah yang sedang mendidih, lalu tunggu hingga daging empuk, itu pertanda rawon sudah masak dan siap di makan. Hidangkan rawon anda dengan nasi putih hangat dan taburkan tauge di atas nasi putih yang diguyur kuah hitam ala rawon.

Incoming search terms:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *