Rumah Adat Mulai Tergeser Oleh Rumah Minimalis

Rumah Adat Mulai Tergeser Oleh Rumah Minimalis

Sejak jaman dahulu, rumah sudah menjadi tempat tinggal bagi manusia. Dalam pembuatan rumah pada jaman dahulu, masih dibuat secara tradisional seperti rumah kayu, rumah yang dibuat dari dedaunan dan kebanyakan jenis-jenis rumah pada jaman dahulu dimasukan ke dalam rumah adat yang menggambarkan ciri salah satu suku atau antar bangsa.

Setiap suku bangsa memiliki jenis rumah adat yang berbeda, karena hal ini biasanya di sesuaikan dengan lingkungannya. Seperti membuat rumah es bagi suku es kimo yang tinggal di gunung es dengan bentuk dinding yang aerodinamis atau melingkar guna mengalirkan udara agar tidak memasuki ruangan. Atau ada juga rumah panggung yang biasanya dibuat untuk menghindari genangan air yang mampu melapukan kayu rumah karena biasanya rumah terbuat dari kayu. Bahkan ruanganan bawahnya pun bisa digunakan sebagai tempat ternak seperti bebek, ayam, dan sejenisnya.

 Rumah Adat

Hal ini tentu sangat bermanfaat, apalagi ketika kita mengetahui bahwa kehidupan yang berpindah-pindah tidak dapat selamanya dilakukan, untuk itulah dibuat rumah sebagai tempat tinggal yang dekat, aman dan nyaman dalam mengawasi lahan tanam yang hasilnya akan di gunakan untuk kebutuhan makan sehari-hari.

Namun pada saat ini hanya ada di sebagian daerah yang masih memiliki rumah tradisional karena lebih banyak orang lebih memilih menggunakan desain rumah modern yang memberikan kesan mewah dan indah dibanding rumah adat yang memiliki desain jaman dahulu.