Sebelum Renovasi Rumah Perhatikan Hal-Hal Ini

Ada banyak alasan seseorang mau merenovasi rumah, mulai dari desain yang tidak sesuai lagi dengan selera, ingin melakukan perbaikan atau menyesuaikan dengan Feng Shui yang tepat. Namun itu bukalah hal yang terlalu krusial saat memutuskan untuk melakukan renovasi. Yang terpenting adalah cermat dalam melakukan perencanaan dan persiapan. Agar renovasi bisa sukses dan sesuai keinginan, perhatikan hal-hal berikut sebelum memulainya.

Tips Renovasi Rumah

  1. Pertimbangkan secara Matang – Tanyakan apakah rumah anda butuh renovasi, apa tujuan untuk merenovasi, apa saja kebutuhan dan berapa bujetnya. Apakah renovasi bisa buat rumah anda lebih nyaman atau justru sebaliknya. Pertimbangkan berbagai kemungkinan misalnya apakah perlu ada penambahan ruangan, pertukaran posisi ruang, bagaimana dengan keamanan anak-anak saat menaiki tangga? Sebaiknya anda meminta pendapat pada pihak ke tiga seperti teman dan keluarga yang punya pengetahuan tentang tata rumah. Atau bisa juga anda bertemu langsung dengan ahli desain interior.
  2. Tentukan Prioritas – Tentukan apa prioritas anda dalam merenovasi rumah. Misalnya menata dapur, merubah desain interior kamar, memperbesar luas ruang bersama (living room) atau menambah jarak langit-langit atau plafon. Putuskan hal mana yang lebih urgent untuk dilakukan supaya bujet yang direncanakan tetap cukup dan prosesnya bisa lancar sampai akhir.
  3. Mengorganisir Rencana – Anda bisa menata perencanaan dengan mulai mengumpulkan contoh gambar desain interior dan eksterior rumah dari majalah atau koran. Satukan ke dalam sebuah map atau case file bersama dengan gambar-gambar perabotan, warna cat dinding dan furniture agar anda bisa mendapatkan inspirasi dan pembanding yang tepat dalam merencanakan renovasi. Langkah ini akan membantu anda saat berkomunikasi dengan arsitek atau desainer interior terutama saat anda menyampaikan keinginan dan selera anda terhadap renovasi rumah. Rencana yang terorganisir dengan baik akan lebih hemat uang, waktu dan anda terhindar dari stres.
  4. Selalu Komunikatif – Jika anda ingin mendapatkan hasil yang sesuai harapan, jangan malu untuk bertanya dengan orang-orang yang berkaitan dengan renovasi untuk menghindari kesalahpahaman kelak. Catatlah nomor kontak semua orang yang punya tanggung jawab terhadap proses renovasi tempat tinggal anda. Untuk menjaga hubungan baik, tidak ada salahnya jika anda memberi apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada mereka yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik saat merenovasi rumah anda.
  5. Keuangan – Ini adalah hal penting dalam perencanaan renovasi sebuah rumah. Supaya tidak ada kendala di kemudian hari, berdiskusilah dengan suami atau istri serta penghuni lainnya tentang berapa besar biaya yang ingin dialokasikan untuk merenovasi rumah. Usahakan untuk lebih mendahulukan penggantian hal-hal yang rusak, seperti perabotan, toilet, shower dan lain-lain. Jangan membeli atau mengganti sesuatu jika tidak terlalu mendesak. Yang terpenting adalah beri kuota 10 hingga 20 persen dari anggaran renovasi untuk biaya yang tidak terduga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *