Sejarah Perjalanan Jokowi Bersama Metallica

Pada 1977 saat Jokowi masih remaja, ia berjumpa dengan musik keras dan berjodoh hingga kini. Saat masih SMP, orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut sering lewat pada jalur di dekat Stadion Manahan yang memang berdekatan dengan SMPN Negeri 1 Solo. Saat pulang sekolah, Jokowi seringkali melintas di depan rumah yang berhadapan dengan stadion manahan dan dari garasi terdengar suara musik cadas yang membangkitkan semangat. Ternyata suara tersebut dihasilkan oleh sekelompok anak muda gondrong yang tergabung di dalam band bernama Terenchem. Dan ternyata salah satu pentolan band tersebut adalah Setiawan Djody muda yang sekarang berprofesi sebagai musikus dan pengusaha.

Perjalanan Jokowi Bersama Metallica

Setiap lewat, Jokowi muda berhenti sejenak untuk mendengar band tersebut memainkan musik rock. Berawal dari situ Jokowi mulai menyukai musik rock hingga ke aliran metal yang lebih cadas yang kemudian hadir di ranah musik internasional. Semua aliran musik cadas kemudian digemari oleh Jokowi termasuk di dalamnya adalah band kenamaan Metallica. Saat ditanya oleh wartawan, mengapa musik cadas, ia menjawab bahwa dalam lirik dan musiknya punya semangat dan maknanya luas tidak hanya tentang cinta namun juga tentang peperangan, perdamaian, lingkungan dan antikorupsi. Jokowi juga menyukai Led Zeppelin dan Black Sabbath di mana keduanya adalah band yang pertamakali memperkenalkan musik metal kepada dunia.

Saat kuliah di Universitas Gadjah Mada, ia merasa kurang bisa berkonsentrasi untuk belajar jika tidak mendengarkan musik cadas. Sampai-sampai Jokowi memutar Metallica pada subuh hari untuk memberikan semangat memulai harinya.

Jokowi termasuk penggemar yang fanatik, bagaimana tidak, setiap kali ada pagelaran musik rock ia menyempatkan untuk nonton seperti pada saat Ucok AKA menggigit ayam hidup di panggung. Ia mengaku menyukai musik cadas namun tak terlalu simpatik pada aksi panggung yang ekstrim.

Kini Metallica kembali hadir di Jakarta untuk menghibur para penggemarnya, tepat setelah 20 tahun lalu mereka hadir di Lebak Bulus yang juga disaksikan Jokowi kala itu.

Saat ditanya perihal kedatangan Metallica, Jokowi mengaku sudah memesan tiket dan berharap konser dapat berjalan tertib dan aman. Ia menyatakan masyarakat Indonesia adalah orang yang memiliki budaya sopan dan santun jadi ia berharap tidak ada masalah dalam gelaran nantinya.

Ia berharap penggemar akan mendengar, melihat dan melakukan apresiasi yang positif pada konser tersebut. Ia tak ingin kejadian tahun 1993 kembali terulang, di mana ketika itu konser Metallica berlangsung rusuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *