Stop Penggunaan Loofah

Kenalkah anda dengan loofah? Sejenis sabut mandi dari tanaman sejenis mentimun yang suka dipakai untuk mandi pengganti penggosok dari busa. Menggunakannya memang bisa membuat tubuh menjadi terasa segar. Namun baru baru ini beberapa pendapat dari para ahli mengatakan bahwa loofah yang sering anda gunakan ketika mandi sangatlah beresiko terkena bakteri dan virus virus penyakit yang dapat merugikan anda sebagai pemakainya.

loofah

Menurut ungkap  Esther Angert, Ph.D., profesor Departemen Mikrobiologi dari Universitas Cornell. “Awalnya, loofah  memang relatif higienis. Namun pada saat digunakan, banyak dari sel kulit mati akan terjebak di sudut dan celah matriks fibrosa loofah ,” ini artinya ketika anda sedang mandi menggunakan loofah dengan campuran sabun mandi cair, secara tidak sengaja anda sudah membuat bakteri merugikan bersarang di tubuh anda.

Terlebih dengan kondisi kamar mandi yang sangat jarang adanya sirkulasi udara dan lembap akan lebih mudah untuk bakteri membuat sarang tempat persembunyiannya. Ditambah seseorang yang cenderung sengaja suka menyimpan loofah di kamar mandi dengan alasan agar tidak ribet dibawa bawa, hal inilah yang membuat loofah menjadi sarang kedua bagi bakteri. Bakteri yang hidup di dalam loofah ini bisa bertahan karena adanya pasokan makanan dari sel kulit mati yang anda tinggalkan pada loofah. Bisa dibayangkan jika setiap mandi anda menggunakan loofah dan menyimpannya, pasti akan lebih banyak bakteri yang hidup di dalam loofah.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *