Tips Aman Bermain HYIP

Alam Maya – HYIP adalah satu jenis investasi yang high risk, high return. Walaupun potensi keuntungannya sangat besar, namun pemain juga harus selalu siap kehilangan uang mereka. Berkaitan dengan hal tersebut, manajemen resiko sangatlah penting. Ada beberapa tips penting dalam bermain HYIP. Pertama, perhatikan jenis HYIP yang anda ikuti. Sebagian HYIP menjanjikan ROI (return of investment) dalam jangka pendek, sementara yang lainnya dalam jangka panjang. Secara logis, short term HYIP biasanya lebih beresiko daripada yang long-term karena profit sharing yang diberikan umumnya jauh lebih besar.

Tips Aman Bermain HYIP

Lalu, apakah long term HYIP selalu lebih aman? Faktanya tidak selalu demikian. Banyak juga long term HYIP yang tumbang sebelum mereka mampu memberikan profit kepada semua membernya. Anda harus jeli dalam melihat situasi. Seringkali HYIP yang masih fresh memiliki peluang yang bagus. Artinya jika anda merupakan member yang bergabung di awal-awal, potensi untuk balik modal masih sangat besar. Member yang bergabung setelah anda mungkin lebih beresiko kehilangan uangnya sebab masa saturasi HYIP seringkali pendek. Katakanlah sebuah program mampu bertahan selama 3 bulan. Jika anda bergabung di awal, kemungkinan besar anda akan meraih profit yang besar pada 3 bulan tersebut. Sementara member yang bergabung sesudahnya hanya bisa merasakan pahitnya ditipu program tersebut.

Selalu ingat bahwa HYIP merupakan bisnis yang memiliki resiko tinggi. HYIP yang scam dan tidak membayar membernya bukanlah berita baru. Faktanya, ada ratusan program yang tumbang setiap harinya, yang tumbuh pun sama banyaknya. Tips aman bermain HYIP berikutnya adalah lihat seberapa lama HYIP berdiri. HYIP yang sudah mampu bertahan minimal setahun menunjukkan kondisi keuangan dan manajemen yang baik. Anda bisa berinvestasi lebih pada jenis HYIP ini. Biasanya program yang mampu bertahan lama tidak hanya mengandalkan pembayaran dari membernya (sistem MLM), melainkan mereka memang mengembangkan uang tersebut pada trading atau bisnis nyata lainnya.

Namun berhati-hatilah, HYIP yang panjang bukan berarti 100% aman. Ada masanya bisnis ini akan collapse jika mereka sudah tidak bisa menarik member baru atau tidak mampu mengelola dana member dengan baik. Tips aman bermain HYIP berikutnya berkaitan dengan hal ini, yaitu jangan letakkan telur pada satu keranjang saja. Artinya jika anda memiliki cukup banyak uang untuk berinvestasi, jangan menyetorkan semua uang anda pada satu program saja. Anda bisa membagi modal tersebut menjadi 3, 5, 10, atau lebih banyak lagi, kemudian investasikan pada beberapa HYIP berbeda dengan kombinasi long-term dan short-term. Dengan begini, anda tidak perlu khawatir dana anda akan lenyap secara tiba-tiba.

Nah, itu tadi tips aman bermain HYIP. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *