Tips Aman untuk Bepergian Sendiri

Alam Maya – Liburan ke luar kota atau ke luar negeri memang menyenangkan jika beramai-ramai. Namun, bagaimana jika anda berada pada kondisi dimana anda harus berangkat sendirian? Bingung, mungkin, atau justru anda berniat untuk membatalkannya? Liburan biasanya perlu persiapan yang matang, jadi sayang jika harus dibatalkan. Bepergian sendiri memiliki tantangan tersendiri, dan ini sebenarnya bukan hal asing bagi para backpacker. Anda tidak perlu membatalkan keberangkatan, mengapa? Pertama, biaya liburan biasanya sangat tinggi, terlebih ke luar negeri .  Tiket pesawat, booking kamar hotel, dsb, itu semua tidak bisa direfund jika anda membatalkan perjalanan secara sepihak. Daripada menderita kerugian seperti ini, mengapa anda tidak mencoba traveling sendiri.

Tips Aman untuk Bepergian Sendiri

Memang bepergian sendiri, terlebih ke tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, akan terasa sangat menantang. Bayangkan, anda berada di Negeri orang, tanpa kemampuan berkomunikasi yang cukup, anda mungkin saja bisa tersesat. Belum lagi aksi kriminal yang mungkin menghantui anda di sepanjang perjalanan. Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa tips aman untuk bepergian sendiri. Pertama, ketahuilah destinasi yang ingin anda tuju. Setiap destinasi wisata memiliki karakteristik khusus, mulai dari tingkat keamanan, keramaian, ketersediaan fasilitas umum, dsb. Dengan mengetahui tempat yang akan anda tuju, setidaknya anda sudah tahu harus melakukan apa ketika sampai disana. Misalnya anda tersesat di tengah jalan, anda bisa menelepon taksi lokal atau kantor polisi terdekat. Ini juga membuat anda lebih waspada terhadap keamanan di daerah tersebut.

Selalu ingat bahwa kejahatan bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja. Anda perlu mencari tahu apakah terdapat daerah rawan kriminalitas di tempat yang akan anda tuju. Jika iya, hindari melewati tempat tersebut. Berkaitan dengan antisipasi terhadap kejahatan, kami juga punya beberapa tips. Pertama, jangan memakai pakaian mencolok. Berbusanalah seperti orang lokal setempat. Kemudian jangan membawa barang yang berlebihan. Dan terakhir, selalu berada di keramaian. Tips aman untuk bepergian sendiri berikutnya adalah susun agenda kegiatan secara detil. Misalnya anda pergi bersama agen travel, anda perlu menyesuaikan agenda tersebut dengan aktivitas anda. Bepergian dengan agen perjalanan sangat disarankan karena mereka biasanya tahu seluk -beluk lokasi yang akan dituju.

Yang juga penting saat liburan ke tempat yang relatif baru bagi anda adalah cari tahu bagaimana sistem lalu lintas disana. Anda juga perlu mencari tahu berapa biaya transportasi, dsb. Yang juga tidak kalah penting adalah catat nomor-nomor penting, seperti panggilan emergency, nomor polisi, hotel, dsb. Nah, itu tadi beberapa tips aman untuk bepergian sendiri, semoga liburan anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *