Tips Membeli Rumah Bekas

Membeli rumah sebaiknya tidak asal beli melainkan harus memiliki banyak pertimbangan agar tidak kecewa setelah melakukan pembelian. Terlebih ketika kita hendak membeli rumah bekas/second,sebaiknya lebih teliti dalam memeriksa kondisi rumah.

Anda harus lebih cermat dalam penilaian karena kondisi fisik rumah sudah dimakan waktu. Jangan gampak terbujuk pendapat orang ketiga, karena nantinya Anda lah yang akan tinggal di rumah tersebut. Dengan melakukan pengecekan secara detail, Anda bisa lebih mantap dalam mengambil keputusan.

Tips Membeli Rumah Bekas

Berikut sedikit tips untuk membeli rumah bekas

  • Periksa keadaan rumah tersebut,dan jangan mudah terbuai dengan tampilan luar dari rumah tersebut.
  • Periksa usia bangunan tersebut karena bisa berefek pada ketahanan bangunan yang memungkinkan mengancam keselamatan.
  • Selain itu perhatikan sirkulasi udara, pencahayaan, kebutuhan air dan listrik di rumah tersebut. karena hal ini yang akan sering dibutuhkan ketika anda menempati rumah tersebut
  • Kemudian lanjutkan pada pengecekan surat-surat penting kepemilikan rumah tersebut seperti Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Sertifikat Kepemilikan atau Hak atas Tanah (SHM atau SHGB). Jika masih dalam sengketa ada baiknya di bereskan terlebih dahulu sebelum membelinya.
  • Terakhir, tentukan harga untuk rumah tersebut dan sebaiknya dilakukan dengan membandingkan bangunan yang mirip dengan kondisi rumah yang hendak di beli.
  • Atau jika pembayaran bisa melalui KPR maka mintalah pihak Bank yang menentukan kelayakan harga rumah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *