Tips Membuat Dapur Jadi Lebih Luas

Selain sebagai tempat meracik makanan, dapur juga kadang kala dipakai sebagai tempat berkumpul terutama saat keluarga ingin melakukan kegiatan bersama misalnya mengadakan acara masak-masak. Jika dapur sempit, hal tersebut akan menghalangi kenyamanan dan keleluasaan anggota keluarga untuk melakukan kegiatan bersama.
Jika anda ingin dapur yang luas namun tidak punya lahan yang besar untuk melakukan ekspansi bangunan, cobalah beberapa TipsMembuat Dapur Jadi Lebih Luas berikut ini.Tips Membuat Dapur Jadi Lebih Luas

  1. Memodifikasi Kabinet – Jika anda punya kabinet yang seluruhnya terbuat dari kayu, ada baiknya dimodifikasi dengan mengganti pintu kabinet dengan kaca. Jika terlalu sulit, cukup tempelkan kaca pada permukaan pintu kabinet agar memberikan efek luas pada ruangan.
  2. Kabinet sebagai tempat penyimpanan – Kabinet merupakan furniture yang biasanya dilekatkan ke dinding dan berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai macam barang. Bagi dapur dengan luas yang kecil anda bisa mencoba membuat dapur jadi lebih luas dengan menggunakan kabinet karena punya banyak rak dan disertai pintu yang bisa ditarik keluar dan ke dalam. Saat kabinet tidak digunakan, pintunya dapat didorong ke dalam sehingga bisa menghemat lebih banyak ruang. Kabinet yang tertutup juga sangat baik bagi penyimpanan bahan makanan karena mampu mencegah debu dan kotoran sehingga lebih higienis.
  3. Kabinet Bertingkat – Anda bisa memasang kabinet bertingkat-tingkat bahkan sampai ke plafon dapur agar semua peralatan dapur dan bahan masakan bisa muat dan tidak mengambil ruang yang terlampau banyak. Agar tidak ribet, letakkan peralatan masak yang sering digunakan pada kabinet bagian bahwa, sementara untuk alat dapur seperti koleksi gelas kaca kristal atau piring porselen yang jarang dipakai bisa anda simpan di kabinet level atas.
  4. Perbaiki Pencahayaan – Tips Membuat Dapur Jadi Lebih Luas selanjutnya adalah menggunakan pencahayaan yang efektif agar ruang dapur bisa nampak lebih luas. Arahkan cahaya lampu ke meja dapur agar efek luas bisa tercipta pada dapur yang sempit. Anda juga bisa membantu mencerahkan dapur anda dengan menghiasnya dengan dekorasi berwarna cerah.
  5. Pakai Dinding Terbuka – Apabila ruang dapur anda bersebelahan dengan meja makan, sebaiknya jangan menggunakan tembok penuh tapi pilih dinding terbuka untuk menyekanya. Selain menjadikan ruang dapur terkesan lebih luas, hal tersebut akan lebih memudahkan anda untuk memindahkan makanan yang anda masak dari dapur.
  6. Kurangi Alat Dapur РMengurangi jumlah perabotan dapur bisa  Membuat Dapur Jadi Lebih Luas yang tepat. Dapur akan tampak sempit jika selalu dalam kondisi berantakan karena jumlah peralatan dapur yang terlalu banyak dan sebenarnya jarang dipakai. Pilah peralatan dapur anda, mana yang sering dipakai dan mana yang tidak lagi digunakan. Singkirkan peralatan yang sudah tidak terpakai dengan cara jual kembali atau berikan kepada teman atau keluarga yang mungkin membutuhkan.