Tips Membuat Teras Rumah Lebih Menarik

Banyak orang yang lebih fokus mengurus desain rumah secara keseluruhan, atau lebih banyak pusing soal tata interior rumahnya. Namun tahukah anda, bahwa teras yang menarik juga punya andil besar untuk menentukan baik tidaknya kemasan rumah anda. Bagian luar rumah seperti halaman atau teras bisa jadi cerminan kepribadian orang yang tinggal di dalamnya. Jika anda ingin punya teras yang cantik dan segar, cermati beberapa tips berikut ini.

Tips Membuat Teras Rumah
Teras Rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Maksimalkan ukiran dan bentuk pintu – Pintu merupakan elemen penting bagi teras dan rumah secara keseluruhan. Peranannya bisa sangat mempengaruhi tampilan luar dari sebuah rumah. Jika anda punya budget berlebih, anda bisa mengganti pintu anda dengan pintu yang punya ukiran dengan desain yang menarik. Bila anggaran belum ada, anda bisa mengecat ulang pintu anda dengan warna merah marun atau biru langit yang bisa mencuri perhatian.
  2. Gunakan desain unik pada nomor rumah – Agar nomor rumah anda bisa dilihat dengan jelas, usahakan untuk meletakkannya di tempat yang tidak terhalang oleh benda lain seperti pepohonan dan hiasan taman. Anda bisa menarik perhatian orang dengan menggunakan jenis font huruf dan angka yang unik dan mencolok. Pilihlah bahan material seperti kayu atau marmer dengan ukuran yang cukup besar agar tamu bisa dengan mudah menemukan alamat anda.
  3. Tambahkan Kotak Surat – Selain berfungsi sebagai tempat penitipan surat dan paket, kotak surat juga bisa jadi hiasan pemanis agar teras anda kelihatan lebih menarik. Pasang kotak surat di halaman depan rumah dan pastikan letaknya mudah dijangkau oleh petugas pos, misalnya di atas pagar. Beri warna kotak surat tadi dengan warna cat yang bersesuaian dengan warna rumah.
  4. Tambahkan Unsur Estetika – Agar taman anda punya tampilan yang menawan, anda bisa menambahkan patung wanita atau karakter binatang yang imut. Kesan estetis juga bisa diperoleh dengan menambahkan lilin padat pada meja ukir yang diletakkan di dekat pintu.
  5. Tanaman Hias – Selain mempercantik taman dan halaman depan rumah, tanaman hias yang ditanam di dalam pot bisa membuat suasana rumah menjadi sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Namun sebelum memutuskan untuk menambahkan tanaman hias, anda harus berhitung apakah punya waktu dan tenaga yang cukup untuk memberi perawatan pada tanaman tersebut. Jika tidak dirawat tanaman akan tumbuh liar dan merusak estetika teras rumah. Untuk memudahkan perawatan, tanam tanaman hias pada pot dan susun berjajar sehingga mudah diakses.