Tips Memilih Alat Pembayaran (Payment Processor) Online

Alat pembayaran online adalah teman kita untuk melakukan transaksi online. Transaksi online bisa terjadi antar 2 individu yang berada dalam 2 negara atau 2 benua berbeda. Setiap Negara memiliki Bank Nasional mereka sendiri-sendiri. Ini akan menyulitkan anda untuk melakukan transfer ke rekening bank berbeda. Untuk mengakomodasi permasalahan tersebut, beberapa instansi mendirikan sistem yang serupa dengan bank offline, namun dengan cakupan yang lebih luas.

Tips Memilih Alat Pembayaran Online

Dengan alat pembayaran online, anda bisa menerima atau mengirim dana dari siapapun dan kapanpun. Beberapa juga memperbolehkan pengguna untuk langsung menarik saldo ke rekening bank lokal, seperti paypal. Namun sistem pembayaran online seperti ini tidak selamanya menguntungkan. Baru-baru ini Liberty Reserve yang merupakan salah satu payment processor terbesar dikabarkan menutup layanannya. Kalau sudah begini, siapa lagi yang dirugikan selain anggota. Maka dari itu, kita akan berbagi beberapa tips tentang memilih alat pembayaran online berkualitas.

Tips pertama adalah pilihlah layanan yang memang telah dikenal dan diakui oleh dunia. Payment prosesor yang  memiliki reputasi baik biasanya diterima oleh merchant secara luas di seluruh dunia. Itu memudahkan anda untuk bertransaksi secara online. Berikutnya adalah pilih alat pembayaran yang memiliki sistem “dispute”. Ini merupakan salah satu cara untuk memberikan proteksi kepada penjual dan pembeli. Artinya jika salah satu pihak ada yang merasa dirugikan, maka ia berhak mengajukan sengketa untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Jika sudah diketahui siapa yang benar dan siapa yang salah, selanjutnya dana yang disengketakan akan dikirimkan atau dipertahankan di rekening pemenang.

Berikutnya adalah soal fasilitas kartu kredit. Seringkali kita diminta oleh payment processor untuk memasukkan data kartu kredit yang bertujuan untuk melakukan validasi. Kartu kredit merupakan benda yang sangat krusial bagi kita. Menyerahkan data kartu kredit pada pihak yang tidak bertanggung jawab akan menimbulkan kerugian bagi anda nantinya. Pilihlah prosesor yang tidak mengenakan fee yang terlalu tinggi untuk setiap transaksi. Memilih layanan berkualitas berarti data pribadi anda akan terlindungi, walaupun kemungkinan untuk dibobol selalu ada. Anda tentu sudah sering mendengar kejadian rekening online dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari hal seperti ini, pilihlah layanan yang memprioritaskan soal keamanan, bila perlu menerapkan sistem pengamanan berlapis.

Pertimbangan berikutnya adalah integrasi dengan website ecommerce. Ada beberapa alat pembayaran online yang menyediakan semacam widget untuk diintegrasikan dengan shopping cart. Jadi jika ada pembeli ingin berbelanja dengan rekening onlinenya, ia hanya perlu checkout di toko online, kemudian langsung melakukan pembayaran dengan dana online yang dimilikinya.

Itulah sedikit share Tips Memilih Alat Pembayaran (Payment Processor) Online, jangan lupa baca juga artikel tentang membuat kartu kredit gratis dan cara daftar akun paypal.