Tips Memilih Minuman Berenergi

Saat ini kita sering mejumpai minuman berenergi yang menggiurkan sehingga kita tergoda untuk mengonsumsinya karena menjanjikan tambahan tenaga setelah meminumnya. Namun, jangan jangan percaya begitu saja dengan produk yang satu ini karena dapat berakibat buruk bagi tubuh. Menurut Dr. Vandana Bhide yang dikutip dari situs Daily Health Post menyebutkan bahwa lebih dari setengah jumlah mahasisiwa di Inggris dalam satu bulan setidaknya mengonsumsi satu botol minuman berenergi. Efek dari minuman berenergi tersebut adalah jantung berdebar, terjadi goncangan pada tubuh dan bahkan stamina menurun secara drastis. Berikut beberapa tips memilih minuman berenergi yang perlu Anda perhatikan sebelum meminum minuman berenergi agar tidak berdampak buruk bagi tubuh Anda.

tips memilih minuman berenergi

  1. Jumlah Kafein – Kafein merupakan salah satu bahan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan terkandung di dalam minuman berenergi. Ada banyak minuman berenergi mengandung dua hingga tiga porsi kafein dari jumlah yang seharusnya dibutuhkan. Jumlah tersebut sama dengan kandungan dalam satu kaleng cola. Agar terhindar dari mengonsumsi kafein yang berlebih maka Anda harus memperhatikan tips memilih minuman berenergi dan lebih jeli sebelum dengan jumlah yang terkandung di dalamnya.
  2. Adakah vitamin di dalamnya? – Hampir semua produsen minuman berenergi mengatakan bahwa produk mereka mengandung berbagai vitamin. Sebuah penelitian menunjukan jumlah vitamin di dalam minuman berenergi sangat sedikit sehingga tidak cukup untuk memberikan dampak positif bagi tubuh. Selain itu terdapat pula bahan kimia yang berbahaya di dalamnya.
  3. Bahan lain yang berbahaya – Tips memilih minuman berenergi selanjutnya adalah memperhatikan kandungan di dalam minuman berenergi. Guaranine merupakan salah satu zat yang biasanya terkandung di dalam minuman berenergi. Guaranine dihasilkan dari tanaman yang berasal dari Amerika yang disebut guarana yang memberikan efek negative bagi kesehatan tubuh. Biasanya minuman bernergi juga mengandung guaranine yang merupakan bagian dari senyawa kafein. Artinya dengan adanya guaranine akan menambah jumlah kafein di dalam minuman berenergi.

Jika Anda ingin menjaga kesehatan, telitilah sebelum mengonsumsi minuman berenergi dan jangan gampang percaya pada iklan produk ini. Untuk meningkatkan stamina Anda, cara terbaiknya adalah dengan rajin melakukan kegiatan fisik dan olah raga karena dapat membuat tubuh lebih segar. Langkah selanjutnya adalah memperhatikan tips memilih minuman berenergi dan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur serta banyak meminum air putih.