Tips Menangani Smartphone Terkena Air

Siapa yang ingin ponsel atau smartphonenya tercebur ke dalam air? Tentu jawabannya tidak ada, namun terkadang tanpa sengaja atau tanpa disadari ponsel kesayangan kita kadang terjatuh ke dalam air atau tidak sengaja terkena air hujan yang lebat.

Sebagus-bagusnya gadget secara umum atau smartphone secara khusus, apabila terjatuh ke dalam air akan terganggu juga, gangguan yang akan timbul pada smartphone tergantung banyak faktor, apabila smarphone anda adalah smartphone yang telah teruji dengan valid tidak akan terganggu dengan air atau tahan air maka tentu smartphone itu tak akan mengalami gangguan apa-apa ketika tercebur ke dalam air, faktor penentu besarnya gangguan yang timbul akibat sebuah ponsel terjatuh ke dalam air adalahbagaimana reaksi dan penanganan yang diberikan oleh pengguna ponsel tadi terhadap ponselnya yang tercebur ke dalam air, salah-salah ingin menyelamatkan ponsel namun karena tindakan yang salah ponsel justru semakin parah dan terkadang berakibat fatal yaitu ponsel menjadi mati total.

Tips Menangani Smartphone Terkena Air

Untuk mengindari akibat yang terlalu fatal terhadap ponsel atau smartphone anda yang terkena air atau tercebur ke dalam air, berikut adalah tips menanganai smartphone terkena air yang bsa anda ikuti dan terapkan jika terjadi pada smartphone anda:

  • Jangan sekali-kali anda terburu-buru menghidupkan smartphone atau ponsel anda yang baru terjatuh ke dalam air, sebab jika ponsel tadi anda lansung aktifkan dikhawatirkan akan terjadi korsleting dan memperparah kondisi ponsel anda.
  • Jangan sekali-kali anda menggerak-gerakkan ponsel anda sehabis tercebur ke dalam air, sebaiknya anda ambl dan jangan digerak-gerakkan (digoyang-goyangkan), karena hal ini justru akan menyebabkan air semakin masuk ke dalam komponen-komponen lainnya.
  • Kebiasaan lain yang sering kita lihat dari pengguna ponsel yang baru saja ponselnya tercebur ke dalam air adalah meniup-niup air yang berhasil masuk ke dalam ponsel, hal ini sebenarnya justru akan menyebabkan air semakin masuk ke dalam dan menyerang komponen-komponen sensitive lainnya.
  • Jangan sekali-kali anda memasukkan ponsel yang terkena air tadi ke dalam freezer dengan dalih mengusir air yang masuk ke dalam gadget anda, memasukkan ponsel yang kena air ke dalam freezer justru akan membuat air yang masuk tadi menjadi beku di atas komponen-komponen gadget anda, yang pada gilirannya membuat komponen itu semakin parah rusaknya.

Itulah tips menangani smartphone terkena air, siapa tahu ponsel kita secara tidak sengaja tertimpa air, dan tentu kita bisa menghindari hal-hal di atas saat menanganinya, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *