Tips Mencegah Smartphone Android Terjangkit Malware

Alam Maya – Android telah menjadi primadona saat ini. Naiknya popularitas sistem operasi ini bagaikan 2 sisi mata uang. Di satu sisi hadirnya Google Play Store mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna yang selalu menginginkan beragam jenis aplikasi, baik gratis maupun berbayar. Namun di sisi lain, ini mengundang orang-orang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan situasi. Malware adalah program  berbahaya yang diciptakan untuk merusak perangkat, mencuri data pribadi, menerobos sistem keamanan, dan hal-hal buruk lainnya.

Tips Mencegah Smartphone Android Terjangkit Malware

Melihat pengguna Android yang begitu banyak serta kemudahan publisher dalam mempublikasikan aplikasi membuat Android tidak seaman yang kita duga. Smartphone terjangkiti virus dari aplikasi Android bukan berita baru lagi. Namun ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah Smartphone Android terjangkit malware. Pengamanan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membatasi akses Smartphone. Jika anda khawatir orang lain akan menyalahgunakan ponsel anda untuk mengunduh aplikasi berbahaya, silakan aktifkan password atau pin untuk membuka layar. Ada pula fitur face detection pada beberapa perangkat terbaru, anda bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Proteksi kedua langsung dari dalam perangkat, yaitu dengan menginstal aplikasi anti-malware. Saat malware merajalela, maka aplikasi anti-malware juga akan semakin banyak dibuat. Avast, AVG, Norton, kini versi mobilenya sudah bisa anda pergunakan. Silakan install salah satu pada Smartphone Android anda. Salah satu sumber utama malware pada perangkat Android adalah dari aplikasi yang diunduh di Google Play Store. Oleh sebab itu, harap lebih berhati-hati dalam memilih aplikasi. Cari tahu dulu apakah developer dari aplikasi tersebut memang terpercaya. Anda bisa menjadikan jumlah download sebagai parameter untuk mengetahui kebersihan sebuah aplikasi. Jika angka unduhannya sangat tinggi, itu berarti banyak orang yang telah memakai aplikasi tersebut. Jika angka unduhannya masih rendah, itu bisa jadi aplikasi baru yang masih perlu diteliti kebersihannya.

Iklan yang tampil saat anda membuka aplikasi juga bisa menjadi salah satu celah masuknya malware ke dalam perangkat . Tips lain untuk mencegah Smartphone Android terjangkit malware adalah nonaktifkan opsi “simpan username dan password”. Saat membuka akun di internet, seringkali kita diminta untuk memasukkan username dan password. Dan biasanya saat menekan tombol login, akan muncul notifikasi apakah anda ingin menyimpan password atau tidak. Sebaiknya pilih “tidak” jika ingin data dalam Smartphone anda lebih aman.