Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mata merupakan indra penglihatan yag paling penting dari keempat indra lainnya. Mata sendiri berfungsi sebagai indra penglihatan. Tanpa mata anda tak bisa melihat kondisi sekitar lingkungan anda. Jika anda sebagai orang tua sudah memiliki anak, ajarkan anak anda bagaimana tips menjaga kesehatan mata anak. Ini merupakan pelajaran yang tak harus memiliki lulusan khusus untuk memberitahu anak menjaga kesehatan matanya. Cara yang paling mudah dengan seringnya mengonsumsi buah-buahan khususnya wortel yang memiliki vitamin A tinggi, namun ada beberapa penjelasan dibawah ini mengenai menjaga kesehatan mata anak :

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

  • Hindari Seringnya Menonton Televisi, Video Game, Ataupun Main Komputer – Jika anak anda seringkali melakukan ini setiap hari, anda sebagai orang tua wajib mengatur jarak aman menonton televisi yaitu minimal lima kali diagonal inchi televisi serta ruangan dimana televisi itu berada harus terang. Karena kondisi ruangan yang gelap akan menyebabkan rusaknya mata. Jika anak anda sering menonton televisi atau sering menggunakan handphone, sebaiknya beri waktu hanya tigapuluh atau enam puluh menit saja perhari, dan ajarkan untuk sering mengistirahatkan mata dan melihat yang jauh.
  • Jauhilah Benda Tajam Atau Benda Tumpul Yang Dapat Mengancam Mata Anak Anda – Hindarkan benda-benda tajam yang dapat membahayakan mata anak anda. Sangat berbahaya jika anak anda menemukan dan belum mengerti kegunaan benda tersebut. Anda sebagai orang tua harus pintar-pintar menaruh benda-benda yang tajam yang dapat membahayakan kondisi mata anak anda. Ajarkan anak anda jangan bermain yang dapat membuat mata sakit, iritasi, bahkan cidera. Disarankan kepada orang tua jika memberi benda tajam kepada anaknya, untuk mengahadapkan yang tumpul. Ini merupakan tips menjaga kesehatan mata anak.
  • Sering Mengonsumsi Makanan Yang Menyehatkan Mata – Ajarkan anak anda untuk menyukai buah-buahan, seperti makanan empat sehat lima sempurna. Seperti : Ikan sebagai protein, kangkung sebagai sayur-sayuran, susu sebagai pelengkap nutrisi. Makanan empat sehat lima sempurna ini dapat mencegah terjadinya rabun senja atau rabun ayam. Buah yang memiliki vitamin yang cocok untuk mata adalah wortel. Ajarkan anak untuk mengonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi dari sejak dini.
  • Mengatur Kebiasaan Membaca – Terkadang anak suka sekali membaca buku dan lupa akan akibat jika membaca terlalu dekat. Dan cahaya yang kurang terang. Sebagai orang tua anda harus mengatur pola cahaya yaitu dari belakang atau dari samping dan bertahu jarak yang paling ideal membaca yaitu tigapuluh sentimeter. Setelah membaca disarankan untuk mengistirahatkan mata, agar mata tak mudah lelah. Ajarkan anak dalam melihat ataupun membaca sesuatu jangan sampai salah ini dapat membuat mata anak anda menjadi rabun jauh ataupun dekat.
  • Kebersihan Mata – Ajarkan anak anda untuk mencuci tangan dengan sabun dengan benar sebelum menyentuh mata ataupun menggaruk ataupun mengucek mata. Dilarang menggosok mata atau mengucek mata secara kencang dan keras saat ada benda yang masuk kedalamnya. Gunakan mekanisme kedipan mata untuk mengeluarkannya atau dengan bantuan orang tua anda untuk mengeluarkannya. Ini untuk menghidarkan terjadinya kerusakan pada mata anak anda. Jika mata sudah terasa tidak enak gunakan obat tetes mata yang dapat membersihkan kembali mata anda. Obat mata sudah tersedia dibanyak apotek-apotek terdekat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tips menjaga kesehatan mata anak. Untuk merawat tak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Anda sebagai orang tua wajib mengajarkan menjaga kesehatan kepada anak.