Tips Untuk Mengontrol Gula Darah

Alam Maya – Fluktuasi gula darah adalah hal yang wajar pada penderita diabetes. Kadar gula yang terlalu tinggi atau terlalu rendah pada jangka waktu tertentu sangat tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, jika anda didiagnosa menderita diabetes, segera konsultasikan pengobatan yang tepat dan pengaturan pola makan.

mengontrol kadar gula darah

Mengatur asupan nutrisi adalah sangat penting sebab beberapa jenis makanan mampu menaikkan gula darah secara signifikan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengontrol kadar gula darah. Yang pertama adalah rajin-rajinlah berolahraga. Dokter sering menyarankan agar penderita diabetes melakukan olahraga untuk menurunkan gula darah, dan ini bekerja dengan baik. Olahraga tidak harus yang berat-berat, namun cukup berlari keliling lapangan. Jika ingin melakukannya di rumah, anda bisa membeli treadmill. Dengan melakukan aktivitas fisik, kalori di dalam tubuh akan dibakar, dan ini pada akhirnya menurunkan gula darah. Bahkan hal yang sederhana seperti membersihkan rumah atau jalan santai juga bisa memberikan hasil yang efektif.

Minum air secara teratur juga penting untuk dilakukan. Penderita diabetes tipe 2 perlu terus terhidrasi jika tidak ingin gula darahnya melonjak secara tiba-tiba. Teori ini didapatkan melalui serangkaian penelitian. Tidak hanya mengontrol gula darah, namun minum air juga mengurangi resiko penyakit diabetes. Faktor kunci keterkaitan antara minum air dan gula darah ada pada ginjal. Saat tubuh mengalami dehidrasi, ginjal akan merilis hormon yang bisa meningkatkan gula darah. Oleh sebab itu, saran untuk minum air 8 gelas sehari sebaiknya diindahkan untuk hidup lebih sehat.

Stress merupakan pemicu munculnya berbagai penyakit, dan ini juga berkaitan dengan diabetes. Dalam kondisi stress berat, gula darah bisa meningkat tajam. Pada orang normal, stress tidak menyebabkan komplikasi yang lebih serius karena kadar insulin mereka cukup untuk memproses gula darah. Berbeda dengan penderita diabetes, satu-satunya solusi untuk menurunkan gula darah secara cepat adalah melakukan suntik insulin. Maka dari itu, hindari kondisi stress yang terlalu parah. Memang kehidupan kita tidak akan pernah lepas dari stressor, namun ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk lepas dari kondisi tersebut.

Mengatur asupan nutrisi juga vital bagi penderita diabetes. Untuk mengontrol kadar gula darah, sebaiknya anda banyak mengkonsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, dan kacang buncis karena makanan ini mengandung serat namun rendah karbohidrat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *